Liputan Jawa | Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Waktu ke Waktu

Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Waktu ke Waktu

Liputanjawa.com – Bersosialisasi merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial sehingga terciptalah sebuah komunikasi sebagai cikal bakal perkembangan teknologi komunikasi. Komunikasi membuat manusia bisa berinteraksi antara satu dengan yang lain.

Komunikasi menjadi sangat penting untuk menyampaikan sebuah informasi. Perkembangannya terus meningkat seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Bahkan teknologi yang digunakannya untuk berkomunikasi terus meningkat menjadi lebih canggih.

Penggunaan teknologi untuk berkomunikasi menunjang komunikasi menjadi lebih lancar sehingga informasi yang harus disampaikan dari jarak jauh bisa diterima utuh sehingga meminimalisir kesalahan paham karena menerima informasi yang tidak utuh.

Teknologi Komunikasi di Zaman Purba Hingga Abad Pertengahan

Dahulu, manusia purba hidup secara berkelompok. Manusia purba membangun komunikasi antar kelompoknya melalui gambar-gambar yang di dinding gua. Gambar tersebut berupa simbol agar penerima informasi mengetahui maksud yang disampaikan.

Teknologi komunikasi yang digunakan pada zaman purba masih sangat sederhana, karena menggunakan benda-benda yang ada di sekitar dengan mengambil unsur dari alam. Misalnya saja penggunaan asap dan ranting kayu.

Memasuki abad pertengahan, komunikasi kian berkembang seiring dengan ditemukannya tulisan yang membuat komunikasi menjadi lancar. Tujuan pesan yang akan disampaikan lebih mudah dimengerti melalui sebuah tulisan.

Perkembangan teknologi komunikasi dari zaman purba hingga abad pertengahan meningkat dengan pesat. Pada abad pertengahan manusia semakin dimudahkan dalam berkomunikasi karena pada era tersebut ditemukan berbagai teknologi.

Mulai dari ditemukan radio, telepon dan mesin telegraf. Abad pertengahan menjadi titik balik teknologi yang semakin berkembang dalam berkomunikasi. Pada abad tersebut, komunikasi tidak hanya sebatas tulisan atau lisan melainkan dua orang dalam jarak yang dekat.

Teknologi Komunikasi di Abad Pertengahan

Abad pertengahan merupakan titik balik teknologi komunikasi berkembang pesat. Saat itu, mulai ditemukan peralatan pendukung yang menunjang teknologi komunikasi kian berkembang. Penggunaan alat-alat komunikasi tersebut sebagai bukti perubahan peradaban manusia.

Pada abad pertengahan, seseorang yang berada jauh menerima informasi dengan mudah karena penggunaan teknologi komunikasi semakin pesat. Saat itu, tidak lagi komunikasi antar 2 orang, tetapi jangkauannya lebih luas.

Awal mula ditemukannya telepon pada abad ini. Telepon menjadi cikal bakal teknologi komunikasi kian berkembang. Sejak saat itu, telepon menjadi kebutuhan alat komunikasi yang tidak bisa dipisahkan. Penggunaan telepon memungkinkan untuk berkomunikasi dari jarak jauh.

Penemu telepon yang pertama adalah Alexander Graham Bell. Penemu teknologi komunikasi pada abad pertengahan tersebut menjadi cikal bakal teknologi komunikasi semakin berkembang. Melalui telepon, saat ini bisa berkembang menjadi internet.

Manusia tidak lagi merasa kesulitan untuk berkomunikasi karena adanya perkembangan komunikasi tersebut. Komunikasi semakin cepat diterima. Jika sebelumnya, komunikasi dari jarak jauh Hanya berupa surat yang memiliki banyak kekurangan.

Perkembangan Teknologi Komunikasi Saat Ini

Teknologi komunikasi dari abad pertengahan merupakan teknologi komunikasi yang saat ini sedang berkembang, seperti internet. Sebelum ada internet, komunikasi yang dilakukan terbilang sederhana.

Sejak kemunculan internet, perkembangan teknologi komunikasi meningkat dengan pesat. Seperti saat ini ditemukan gadget berteknologi android, banyaknya jejaring sosial untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Saat ini, komunikasi tidak hanya dilakukan oleh dua orang yang saling mengenal, bahkan dua orang yang tidak mengenal sama sekali bisa berkomunikasi dengan mudah melalui jejaring sosial tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, bisnis juga turut berkembang sehingga promosi lebih mudah disampaikan karena teknologi komunikasi lebih mudah diakses oleh banyak orang sejak ada internet.

Komunikasi merupakan hal terpenting bagi manusia untuk berinteraksi dengan yang lainnya. Hal menarik untuk dipelajari yaitu perubahan teknologi dalam bidang komunikasi terus berkembang pesat, sehingga harus mengetahui perkembangan teknologi komunikasi.