Liputan Jawa | Yuk Pelajari Cara Mematikan Startup Program Komputer Dengan Mudah!
Labana.Id

Yuk Pelajari Cara Mematikan Startup Program Komputer Dengan Mudah!

Anda pasti kesal ketika program windows sering loading dan nge bug. Apalagi saat sedang mengerjakan hal yang penting dan mendesak. Tentu hal seperti ini sangat mengganggu, bukan? Anda sebenarnya tidak perlu khawatir, karena permasalahan itu bisa diselesaikan dengan cara mematikan startup komputer.

Mematikan startup komputer yang tidak penting akan meringankan beban kerja komputer Anda. Dengan begitu proses bootingnya bisa lebih cepat dan lancar. Akan lebih baik ketika Anda bisa menghapus program startup yang tidak penting secara rutin.

Baca juga : Tips Mengatasi Komputer Lama Booting

Cara Mematikan Startup Komputer

Dalam windows pada komputer, sebenarnya tidak hanya sistem operasi yang dijalankan, lho ! Ada banyak program dan tool-tool yang juga dirancang untuk dijalankan bersama beberapa file modul windows. Oleh karena itu, jika Anda ingin proses booting berjalan dengan cepat, pastikan untuk rajin

membersihkan startup yang tidak penting pada komputer. Berikut adalah penjelasan mengenai cara mematikan startup komputer :

1. Cara Mematikan Program Startup Melalui Settings

Cara Mematikan Program Startup Melalui Settings

Business Insider

  • Silahkan buka menu Settings » Klik Apps » Klik Startup.
  • Setelah itu akan muncul daftar program yang sedang berjalan di startup.
  • Anda dapat memilih program yang tidak penting, lalu geser tombol On ke Off untuk mematikannya.
  • Selesai

Setelah itu, program yang Anda klik langsung otomatis mati. Sangat mudah bukan?

2. Cara Mematikan Program Startup Melalui Task Manager

Cara Mematikan Program Startup Melalui Task Manager

Dianisa.com

Cara kedua mematikan program startup adalah dengan melalui Task Manager. Nah, metode inilah yang bisa Anda gunakan pada Windows 8 dan 10. Fitur Task Manager memang telah dirancang untuk memudahkan Anda dalam mematikan program startup yang berjalan.

Selain itu, pada fitur ini juga dimungkinkan untuk mengetahui jumlah penggunaan resource hardware pada performa Windows. Berikut adalah langkah-langkah mematikan program startup melalui Task Manager :

  • Silahkan Klik kanan pada tombol Taskbar » Klik Task Manager » Klik More details.
  • Kemudian tab Startup » Lalu Anda dapat memilih program yang ingin dimatikan.
  • Setelah itu Klik Disable.

Apabila telah melakukan langkah diatas maka otomatis Anda menonaktifkan program tersebut. Program yang sudah dimatikan tidak akan dijalankan saat komputer sedang dinyalakan.

3. Cara Mematikan Program Startup Melalui System Configuration

Cara Mematikan Startup Program Komputer dengan system configuration

Cara mematikan startup komputer berikutnya adalah dengan menggunakan System Configuration. Cara ini dapat Anda gunakan pada Windows 7 dan 8. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Silahkan cari program Run dengan cara klik bersamaan Windows + R, kemudian klik OK.
  • Setelah itu pilih tab Startup, lalu hilangkan centang pada program hendak Anda matikan.
  • Kemudian klik Apply, lalu OK.

Apabila Anda masih ingin memilih program startup mana yang ingin dimatikan, Anda dapat berkunjung ada kolom Startup impact. Startup impact akan menginformasikan besaran penggunaan resource yang digunakan untuk suatu program berjalan. Nah, tentunya setiap program mempunyai kapasitas startup impact yang berbeda tergantung dari besarnya program.

Itulah cara mematikan startup komputer dengan mudah. Pastikan Anda menggunakan cara yang tepat sesuai dengan windows yang terpasang pada komputer. Semoga artikel ini membantu.