Liputan Jawa | Kunci Jawaban Pengertian Tentang Dasar Negara Adalah ...

Kunci Jawaban Pengertian Tentang Dasar Negara Adalah …

Liputanjawa.com – Pada artikel kali ini akan dibahas kunci jawaban dari sebuah pertanyaan sebagai berikut :

  1. Pengertian dasar negara adalah
  2. Jelaskan kependudukan pancasila sebagai dasar negara!
  3. Jelaskan manfaat dasar negara!
  4. Jelaskan akibat jika tidak memiliki dasar negara!
  5. Pengertian pandangan Hidup adalah
  6. Jelaskan kependudukan pancasila sebagai pandangan hdup!
  7. Jelaskan manfaat ideologi sebagai pandangan hidup!

Pembahasan dan Jawaban

Adapun masing-masing jawaban dari pertanyaan soal diatas adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian dasar negara adalah suatu falsafah negara atau disebut juga dengan political philosophy yang dijadikan sumber dari segala sumber nilai, hukum, tata tertib dan lain sebagainya. Dasar negara bisa pula disebut sebagai fondasi yang menjadi acuan dasar bagi sistem nilai, hukum, tata tertib dan lain sebagainya.
  2. Bagi Indonesia sendiri, yang berkedudukan sebagai dasar negara adalah PANCASILA. Dengan demikian maka Pancasila ini menjadi fondasi bagi Indonesia dalam segala hal. Sebagai sumber nilai dan moral, sumber yang menjiwai hukum, acuan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan lain sebagainya. Sebagai dasar, pada pancasila sendiri terkandung cita-cita nasional dari bangsa Indonesia sehingga bukan hanya memuat nilai-nilai luhur tetapi juga cita-cita luhur bangsa.
  3. Manfaat dasar negara adalah sebagai landasan, acuan, dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dasar negara ini menopang suatu bangsa sekaligus menjadi petunjuk dalam menyelenggarakan negara. Selain itu, dasar negara menjadi kepribadian khusus suatu bangsa yang membedakannya dari bangsa lainnya di dunia.
  4. Akibat jika tidak memiliki dasar negara adalah rapuh dan modah teromban-ambing, silit menyelesaikan masalah sebab tidak memiliki pedoman dalam menyelenggarakan kehidupan dan bernegara, dasar hukum lemah, tak memiliki identitas kuat dan jelas sebagai pembeda di mata dunia, tidak memiliki cita-cita yang jelas dan lain sebagainya.
  5. Pengertian pandangan hidup adalah suatu pedoman sekaligus pegangan dalam berperilaku sehari-hari yang dipatuhi dan diyakini sebagai nilai luhur yang mengandung kebenaran. Pandangan hidup ini juga dimaknai sebagai suatu pemikiran, pendapat, gambaran dan lain sebagainya yang menjadi pedoman menjalankan kehidupan.
  6. Pancasila adalah merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Dalam hal ini bermakna bahwa pancasila adalah petunjuk sekaligus pedoman dan pegangan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada semua aspek baik politik, sosial, ekonomi dan lain sebagainya.
  7. Manfaat ideologi sebagai pandangan hidup adalah menjadikan suatu negara memiliki kejelasan arah dan tujuan dalam mengelola negara, menjadi pedoman dan petunjuk dalam menyelesaikan persoalan yang ada, menjadi pedoman, petunjuk dan pegangan dalam mewujudkan cita-cita dan harapan, sebagai pemersatu bangsa, menjadi wadah dari pembangunan suatu negara dan lain sebagainya.

Demikian jawaban yang bisa kami sajikan atas pertanyaan ”Pengertian Tentang Dasar Negara Adalah …“. Semoga bermanfaat dan semoga cepat lulus sekolah. Aamiin. Untuk detai materi pada soal diatas bisa cek dibawah ini. Lengkap !!

Detail Materi

Kode : 8.2.1

Kelas : 2 SMP

Mapel : PPKN

Bab : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kata Kunci : Pandangan, Ideologi, Pedoman, Pegangan