Liputan Jawa | Sangat Mudah, Begini Cara Download File Backup WhatsApp di Google Drive
https://thebeatstatseats.blogspot.com/

Sangat Mudah, Begini Cara Download File Backup WhatsApp di Google Drive

Riwayat percakapan WhatsApp bagi sebagian orang penting untuk disimpan sehingga tidak akan mengalami kesulitan di masa mendatang. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk antisipasi terhadap hal buruk, seperti ponsel rusak ataupun hilang sehingga mengharuskan untuk mengganti perangkat.

WhatsApp telah bekerja sama dengan Google Drive dalam penciptaan fitur backup file percakapan. Dengan menggunakan aplikasi Google Drive, semua percakapan yang dilakukan di WhatsApp dapa disalin dan diamankan ke dalam aplikasi tersebut.

Untuk dapat dengan mudah men-download dan memulihan file backup WhatsApp di Google Drive, Anda perlu melakukan beberapa persiapan. Hal pertama yang harus disiapkan adalah alamat e-mail dan kata sandi dari akun Google yang telah terhubung ke Google Drive.

Anda dapat men-downloaad file backup WhatsApp dengan mudah dan dalam waktu yang cukup singkat pula. Penasaran bagaimana cara download file backup WhatsApp di Google Drive? Berikut adalah cara yang bisa Anda praktikkan dengan mudah dan tentunya cepat.

Untuk men-download file backup WhatsApp ke dalam ponsel, berikut adalah cara mudahnya.

Download Aplikasi Google Drive

Untuk mengakses file backup WhatsApp di Google Drive, hal penting yang harus ada di ponsel Anda adalah aplikasi Google Drive. Apabila di ponsel Anda belum tersedia aplikasi tersebut, maka yang dapat dilakukan adalah mengunduhnya di Play Store dengan mengetikkan nama aplikasi di kolom pencarian kemudian klik install.

Log In ke Akun Google

Setelah berhasil meng-install aplikasi Google Drive di ponsel, hal berikutnya yang mesti dilakukan adalah membuka aplikasi tersebut. Setelah berhasil membuka, kemudian Anda harus log in ke akun Google yang Anda gunakan untuk melakukan backup WhatsApp. Untuk dapat log in, Anda harus menyiapkan alamat e-mail dan kata sandi dari akun Google yang tersambung tersebut.

Ketikkan alamat e-mail dan kata sandi di kolom yang telah disediakan oleh Google. Setelah pengisian, klik Masuk. Dengan begitu, Anda sudah dapat membuka akun Google Anda dengam cepat dan praktis.

Menuju Menu Pengaturan

Langkah ketiga cara download file backup WhatsApp adalah dengan mencari menu Pengaturan. Menu Pengaturan dalam aplikasi Google Drive di ponsel berada di pojok kiri atas yang ditandai dengan icon garis vertikal tiga. Setelah menemukan icon tersebut, Anda hanya tinggal mengkliknya saja.

Pilih Menu Cadangan

Setelah memilih menu Pengaturan, Anda akan dihadapkan pada beberapa menu lain berdasarkan kategori. Untuk men-download file backup WhatsApp, tentunya Anda perlu menemukan terlebih dahulu dimana file tersebut berada.

Maka dari itu, setelah mengklik menu Pengaturan, Anda wajib memilih menu Cadangan. Dalam menu tersebut, Anda akan menemukan beragam file yang salah satunya adalah file backup WhatsApp. Setelah menemukan aplikasi WhatsApp Messanger tersebut, Anda dapat langsung mengunduh dan melakukan pemulihan pada akun WhatsApp Anda.

Tak hanya itu, file backup WhatsApp yang ditemukan di menu Cadangan Google Drive ini dapat juga dinonaktifkan pencadangannya. Aplikasi ini juga dapat menghapus cadangan percakapan WhatsApp apabila menginginkannya.

Cara Download File Backup WhatsApp 2

Setelah membaca penjelasan dan cara download file backup WhatsApp tersebut, apakah Anda dapat mempraktikkannya? Untuk dapat mengunduh dan memuat kembali file backupnya, Anda harus menginstall aplikasi WhatsApp kembali di ponsel yang berbeda. Selamat mencoba.