Liputan Jawa | 5 Penyebab Komputer Cepat Rusak dan Cara Mengantisipasi Kerusakan

5 Penyebab Komputer Cepat Rusak dan Cara Mengantisipasi Kerusakan

komputer
Unsplash.com

Liputanjawa.com – Komputer masih banyak digunakan sebagai penunjang kinerja unit usaha. Baik untuk skala perusahaan besar hingga penggunaan pribadi di rumah. Namun, apa jadinya jika saat ini komputer anda rusak? Mari cari tahu penyebab komputer cepat rusak dan cara mengatasinya.

Kerusakan Pada Bagian Komputer

Kerusakan komputer kerap dianggap hal yang complicated. Padahal, hal ini dapat diurai secara transparan agar penyebab komputer cepat rusak dapat diketahui dengan jelas. Sebagai gambaran awal, mari kita kenali perangkat  keras dan perangkat lunak pada komputer.

1.  Hardware

Hardware merupakan perangkat keras pada komputer. Anda dapsat mengenali perangkat ini dengan mudah melalui tampilan bentuk dan fisiknya secara langsung. Seperti halnya layar monitor, CPU, Keyboard, mouse, printer, dan perangkat eksternal lainnya.

Berikut beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada hardware anda.

  • Layar Monitor

Kerusakan pada layar monitor biasanya dapat terciri secara jelas. Dimana pada saat CPU komputer sudah diaktifkan, layar monitor sudah diaktifkan, namun tampilan layar blank.

layar monitor
Freepik.com

Layar blank tersebut dapat dicirikan dengan warna gelap, tidak hidup sama sekali, atau bahkan berwarna biru secara keseluruhan. Pada kasus lain, layar blank pada komputer ditunjukan dengan guratan-guratan warna sporadis,

  • CPU

Kerusakan pada CPU komputer juga mungkin saja terjadi. Kerusakan ini dapat ditandai dengan suara gemuruh mesin yang nyaring. Selain itu, pengaktifan komputer gagal terjadi. Hal ini ditandai dengan suara “kempos’ dari mesin yag memproses.

cpu
Freepik.com

Kerusakan pada CPU komputer dianggap cukup fatal. Hal ini dikarenakan ‘otak’ komputer sebagai bagian yang memproses instruksi dan menggerakan. Kerusakan pada perangkat keras CPU juga dianggap cukup kompleks untuk pengecekan dan perbaikannya.

  • Mouse

Mouse berfungsi sebagai alat bantu penunjuk dan pemberi instruksi. Secara fisik, saat ini mouse terbagi menjadi dua jenis. Mouse kabel dan mouse nirkabel. Hal ini memiliki kelemahan dan potensi kerusakan masing-masing.

mouse
Logitechg.com

Kerusakan yang mungkin terjadi pada mouse berkabel meliputi putusnya inner kabel karena terpilin. Sedangkan pada mouse nirkabel, potensi kerusakan berada pada sensor optik yang menghantarkan sinyal Bluetooth antara device dan receiver.

  • Printer

Printer merupakan alat output yang berperan menghasilkan media cetak berupa gambar atau tulisan pada kertas. Kerusakan pada printer dinilai cukup kompleks dan dapat disebabkan oleh banyak hal.

printer
Freepik.com

Penyebab komputer cepat rusak pada bagian printer biasanya berkaitan dengan ketersediaan tinta dan jalur tinta print. Kerusakan berikutnya seringnya terletak pada mesin yang berperan menarik dan mendorong kertas untuk in out. Hal ini menyebabkan kertas tersangkut di dalam printer.

  • Camera

Camera berfungsi sebagai alat input berupa gambar. Biasanya kamera pada komputer bersifat eksternal yang dihubungkan melalui kabel ke CPU. Penyebab komputer cepat rusak pada kamera eksternal adalah putusnya kabel di dalam hingga kerusakan lensa yang mengakibatkan gambar kabur.

  • Speaker

Siapa penikmat music atau penggemar film/video? Speaker akan membantu anda memberikan output berupa audio. Kerusakan pada speaker ditandai dengan penurunan kualitas suara.

2. Software

Software merupakan perangkat lunak berupa sistem operasi yang menjalankan program di dalam otak kommputer. Ada beberapa tanda yang dapat anda cirikan apabila terdapat kerusakan software. Mulai dari aktivitas pada program terbatas, aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri, hingga menyebabkan komputer hang atau melakukan restart sendiri.

Kerusakan pada software biasanya akan berdampak pada keberlangsungan umur guna komputer. Hal ini perlu diatasi agar tidak menjadi penyebab komputer cepat rusak.

Penyebab Komputer Cepat Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri keruskan pada bagian-bagian komputer, kini saatnya anda mengetahui apa saja penyebab komputer cepat rusak. Hal ini tentu saja untuk memperpanjang usia penggunaan komputer dan menekan pengeluaran anda.

1. Umur Produk

Secara umum, semua produk memiliki umur pakai. Sama halnya dengan komputer. CPU komputer secara umum dapat digunakan selama 5 – 10 tahun. Namun, hal ini juga bergantung pada komponen motherboard yang hanya mampu beroperasi maksimal hingga 4 tahun.

Bila komputer anda sudah melewati umur 5 tahun penggunaan, hal tersebut hanyalah bonus. Perlu anda ketahui juga, bahwa umur produk juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal lainnya. Seperti cara pemakaian dan cara perawatan.

Faktor tersebut dapat mempercepat umur pemakaian produk. Namun apabila anda merawatnya dengan baik, tidak menutup kemungkinan umur produk akan lebih lama. Maka, jangan lupa untuk mulai menyiapkan sejumlah dana untuk menggantinya jika rusak sewaktu-waktu.

2. Cara Penggunaan

Penyebab komputer cepat rusak ditentukan faktor penggunaan komputer anda sendiri. Apakah komputer tersebut sering digunakan selama 12 jam per hari nonstop? Apakah komputer tersebut digunakan untuk bermain game online, mengedit video, hingga membuat animasi? Atau penggunaannya sebatas pada mengetik dokumen?

Apakah anda tipikal user yang mengoperasikan 10 jendela Microsoft excel sekaligus? Apakah anda senang mengaktifkan beberapa fitur sekaligus untuk menonton video music, mengerjakan laporan, sekaligus mengakses beberapa laman internet?

Selain itu juga, apakah penempatan instalasi komputer anda sudah tepat? Hal ini berkaitan dengan sirkulasi udara panas yang harus dilepaskan. Jika sirkulasi udara terkurung, hal ini tentu akan mempengaruhi umur penggunaan komputer.

3. Kapasitas RAM dan ROM

RAM merupakan tempat menyimpan data yang dapat diakses secara langsung. Sedangkan ROM merupakan komponen yang menyimpan data membaca data secara permanen.

Penyebab komputer cepat rusak berkaitan dengan kaspasitas RAM/ROM yang sudah over capacity. Anda perlu mengecek dan membersihkan secara berkala. Kondisi RAM yang full akan memperlanmbat kinerja komputer anda berat.

Baca Juga : Cara Agar CPU Lega

Jika dibiarkan berlarut, CPU komputer akan bekerja keras hingga menyebabkan overheat. Kondisi ini akan menimbulkan kerusakan pada bagian dan komponen komputer lainnya. Hal ini jangan dianggap sepele, ya.

4. Virus

Virus yang menginfeksi perangkat lunak bisa menjadi penyebab komputer cepat rusak. Sumbernya dapat berasal dari jaringan internet ataupun port usb. Dampak dari infeksi virus dari computer dapat mempengaruhi ruang penyimpanan, file corrupt, hingga pencurian data. Pada kasus yang lebih parah, virus dapat menyebabkan komputer tidak dapat hidup sama sekali.

Anda perlu hati-hati dan lebih selektif dalam mengunduh file dari internet. Terdapat lebih dari 10 jenis virus yang dapat menginfeksi komputer anda. Apabila suatu komputer terinfeksi virus, maka peluang komputer anda menularkan virus yang sama pada device lain cukup besar.

Sebagai contoh, anda mendownload suatu file yang tanpa anda sadari menyimpan virus. Ketika file tersebut diakses maka virus akan mulai menginfeksi komputer anda. Di lain kesempatan, anda memindahkan data dari komputer menggunakan flash disk ataupun port usb handphone. Virus akan menginfeksi device lain melalui flash disk tadi.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan antivirus yang tepat untuk mendeteksi dan membersihkan virus.

Cari tahu Cara Mengecek Komputer dari Virus

5.  Arus Pendek

Tidak dapat dipungkiri daya listrik yang tidak stabil menjadi penyebab komputer cepat rusak. Tidak hanya pada komputer, namun juga pada perangkat elektronik lainnya. Sebuah komputer dapat bekerja optimal pada batas daya tertentu. Hal ini berbeda-beda setiap komputer. Informasi ini biasanya tercantum pada bagian komputer

Anda bisa membayangkan ilustrasi sebuah mobil yang sedang berjalan. Namun tiba-tiba banyak haling rintangan yang menyebabkan kecepatan mobil tidak stabil. Sehingga mobil tersebut dapat berjalan dengan kecepatan 120km/ jam, 40km/jam, kemudian 80km/jam dalam sekejap. Sangat melelahkan dan tidak nyaman bukan?

Begitu pun dengan komputer. Hal ini tentu akan mempengaruhi umur pakai dari kompoter tersebut.

Cara Mengantisipasi Komputer Cepat Rusak

Setelah melihat berbagai penyebab komputer cepat rusak, kini saatnya anda tahu bagaimana cara mengantisipasi komputer agar tidak cepat rusak. Berikut tips agar komputer tidak cepat rusak:

1. Pastikan Jaringan Arus Listrik Stabil

Kestabilan arus listrik menjadi faktor utama. Penyebab komputer  cepat rusak yang satu ini dapat anda atasi dengan menggunakan power supply. Power supply berfungsi sebagai cadangan daya listrik jika tiba-tiba terjadi arus pendek atau pemadaman listrik. Power supply dapat menyimpan cadangan daya 5 – 15 menit untuk satu komputer.

Cari tahu Tips Atasi Power Supply Bermasalah di sini

Ketika listrik padam, pekerjaan anda belum disimpan, penggunaan power supply akan sangat membantu. Komputer anda tidak akan tiba-tiba padam. Anda masih memiliki waktu untuk menyimpan dan mematikan komputer dengan selayaknya. Hal ini tentu akan lebih bersahabat pada beban kerja komputer.

2. Ciptakan Sirkulasi Udara Baik

Cara mengantisipasi kerusakan komputer berikutnya adalah menciptakan sirkulasi udara yang baik. Tempatkanlah seluruh bagian-bagian komputer anda secara proporsional. Hindari susunan yang terlalu rapat. Berikan ruang untuk sirkulasi udara panas keluar.

Udara panas sebagian besar dihasilkan pada perangkat CPU dan layar. Udara panas sebenarnya diproduksi secara wajar oleh kedua komponen tersebut. Namun, pada kasus lebih lanjut udara panas yang terperangkap menimbulkan permasalahan.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan cooling fan. Hal ini untuk membantu mendinginkan dalam ruang CPU yang panas akibat kinerja otak komputer. Anda juga perlu memperhatikan jaringan kabel yang melintang. Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

3. Jaga Kebersihan Komputer

Anda wajib menjaga kebersihan komputer setiap habis digunakan. Hindari sisa makanan dan minuman di dekat komputer. Hal ini mengingat potensi tumpahnya makanan atau minuman pada bagian fatal.

Selain itu, jadwalkan secara rutin untuk membersihkan debu-debu yang menempel diperangkat komputer. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu di bagian yang sulit dijangkau.

Perlu anda ketahui, penumpukan debu yang menyelimuti komputer dapat mengganggu sirkulasi udara. Hal ini dapat berimbas terperangkapnya hawa panas di dalam komputer dan bisa mengakibatkan leleh beberapa komponen kecil yang tidak tahan panas.

4. Gunakan Komputer Sesuai Kapasitasnya

Gunakan komputer anda sesuai dengan kapasitasnya. Jangan memaksakan kinerja RAM melampaui batasannya. Jika komputer anda tidak mampu mengoperasikan permainan online secara maksimal maka jangan dilanjutkan.

Begitu pun dengan aktivitas edit data spasial kebumian, pembuatan animasi, hingga render video. Komputer biasanya akan mengeluarkan bunyi mesin yang lebih kencang dan kasar sebagai pertanda. Jika hal ini terjadi, tolong jangan anda teruskan.

Kasus ini menjadi penyebab komputer cepat rusak yang paling banyak ditemui. Ketika komputer dipaksa bekerja d luar kapsistasnya, biasanya akan terjadi crash. Crash ini biasa ditandai dengan terjadinya lemot bahkan hang. Pada beberapa kasus muncul respon program not responding hingga forced closed.

5. Berikan Jeda Istirahat untuk Komputer

Selain itu, jangan lupa untuk istirahatkan komputer anda. Jika anda bekerja selama 18 jam dengan kommputer setiap hari, pastikanlah 6 jam berikutnya komputer anda benar-benar istirahat.

Istirahatkan komputer anda dengan menutup semua jendela kerja anda di komputer. Begitu pula dengan aplikasi-aplikasi hiburan spotify, youtube, dan lainnya. Kemudian matikan komputer anda.

Selalu pastikan anda mematikan komputer dengan menu shutdown. Jangan biarkan komputer anda menggantung pada mode sleep atau hibernate dalam jangka waktu panjang dan berulang kali.

Cara Mengatasi Kerusakan Komputer

Anda sudah membaca cara mengantisipasi agar komputer tidak cepat rusak. Namun sayangnya, komputer anda telat ditangani dan sudah terlanjur rusak. Lantas, apa yang perlu dilakukan? Simak selengkapnya cara mengatasi penyebab komputer cepat rusak:

1. Bersihkan perangkat luar

Jika komputer anda sudah tidak dapat dihidupkan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkannya. Lepaskan komponen-komponen komputer dari jaringan listrik. Anda bisa membersihkan komputer dengan lap kering, kuas, dan mini vacuum cleaner.

Mulai lah membersihkan debu yang menyelimuti secara bertahap dari bagian luar menggunakan lap lering. Kemudian, anda dapat melepaskan casing luar pelindung layar, tuts keyoboard, hingga rangka CPU. Gunakan kuas untuk menyapu debu yang terdapat pada celah-celah kecil.

Baca juga : Cara Membersihkan Komputer dari Debu

Jika diperlukan, gunakan lah mini vacuum cleaner untuk menghisap debu. Namun ada juga perlu ingat, jangan mencongkel ataupun mengubah susunan komponen. Hal ini bisa menjadi penyebab komputer cepat rusak.

2. Service Hardware di Layanan Terpercaya

Jika terjadi kerusakan pada komputer, mulailah cek bagian mana yang dirasa mengalami gangguan. Apakah hanya pada layar? Apakah berasal dari keyboard/mouse yang tidak dapat memberikan instruksi? Atau kerusakan sebenarnya terletak pada CPU komputer anda?

Selanjutnya, setelah ditemukan pokok permasalahan pada komponen tersebut, dalamilah sejauh mana kerusakan terjadi. Sebagai contoh, keyboard anda tidak dapat digunakan untuk mengetik atau melakukan shortcut. Setelah diulik lebih jauh, ternyata hanya beberapa tombol saja yang masih dapat berfungsi.

Berikutnya, bawalah keyboard anda ke layanan service terpercaya. Jelaskan keluhan yang terjadi secara detail. Kini anda tinggal menunggu kabar baik mengenai kelanjutan keyboard anda.

3. Install Ulang Software yang Menggantung

Jika kerusakan terjadi pada beberapa aplikasi, mungkin anda perlu melakukan install ulang aplikasi tersebut pada komputer anda. Pastikan spesifikasi aplikasi sesuai dengan software yang tersedia.

Utamakan juga untuk menginstall software original agar produktivitas pekerjaan anda dapat berjalan dengan lancar. Harapannya dengan cara ini, penybeb komputer cepat rusak ini

4. Mungkin Ini Saatnya Mengganti Perangkat Baru

Semua cara sudah dicoba. Mulai dari langkah preventif hingga perbaikan. Sayangnya, perangkat komputer anda tidak dapat tertolong. Apakah ini saatnya untuk anda mengganti dengan keluaran terbarunya?

Membeli produk terbaru tidak ada salahnya. Siapa tau ini memang usia produkmu sudah mencapai batasnya. Penyegaran bisa menjadi solusi terakhir jika kondisi keuangan anda memadai.

Semoga artikel ini menjawab pertanyaan anda terkait penyebab komputer cepat rusak, ya. Yuk, mulai dicek kembali kemungkinan apa yang terjadi pada komputer anda. Apakah sudah saat nya mengganti yang baru?