Liputan Jawa | Sekarang Durasi Google Meet Dibatasi untuk Pengguna Gratis

Sekarang Durasi Google Meet Dibatasi untuk Pengguna Gratis

Liputanjawa.com – Saat ini durasi Google meet menjadi topik pembicaraan banyak orang karena mengalami perubahan dibandingkan dengan saat boomingnya dulu. Kita tahu bahwa platform penyedia rapat video seperti zoom ataupun Google map memang gencar digunakan saat diberlakukan WFH.

Dengan adanya pemberlakuan WFH di masa pandemi saat ini memang mengharuskan semua orang dalam melakukan interaksi secara online. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan untuk melakukan tatap muka secara langsung untuk menekan kasus penyebaran virus COVID-19.

Sehingga sampai saat ini banyak orang yang masih terbiasa dalam menggunakan kedua platform tersebut untuk melakukan panggilan video dengan melibatkan banyak peserta. Akses gratisnya merupakan salah satu alasan mengapa platform tersebut banyak digunakan.

Perubahan Durasi Google Meet bagi Pengguna Gratis

Google Meet merupakan salah satu platform yang memiliki fungsi untuk melakukan video conference dengan mudah dan tanpa ribet. Apalagi terdapat fitur gratis yang ada di dalamnya sehingga membuat banyak orang menjadi dimudahkan ketika menggunakannya.

Kita sendiri tahu bahwa sebelumnya platform ini memberikan kebebasan secara utuh bagi para penggunanya. Sehingga bagi para pengguna gratispun dulu emang tidak perlu mengkhawatirkan mengenai durasi ataupun batas partisipan yang bisa bergabung.

Namun seiring begitu ramainya penggunaan dari aplikasi ini ternyata membuat Google membuat kebijakan dengan memberlakukan beberapa perubahan. Salah satunya ialah membatasi durasi Google Meet bagi para penggunanya.

Dan perubahan tersebut akan mulai diberlakukan pada Oktober 2020. Untuk pengguna gratis, kita tahu bahwa sebelumnya semua pengguna memiliki kebebasan untuk bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus memikirkan durasi waktu.

Namun saat ini diubah menjadi maksimal 60 menit panggilan video. Tetapi perlu diketahui bahwa hal ini ini berlaku apabila kamu melakukan panggilan video dengan 3 partisipan atau lebih.

Sehingga jika hanya melakukan panggilan video secara langsung antara dua perangkat tentunya tidak dibatasi mengenai durasinya. Padahal perangkat ini merupakan salah satu medium untuk bisa menghubungkan beberapa orang sekaligus dalam satu waktu.

Namun dengan adanya perubahan tersebut membuat para penggunanya pasrah. Sehingga mau tidak mau mereka harus berlangganan untuk bisa merasakan akses dari Google meet karena merupakan kewajiban untuk melakukan WFH saat ini.

Durasi Google Meet yang Dihadirkan pada Setiap Paketnya

Saat ini kamu sudah mengetahui bahwa agar bisa menggunakan layanan penuh pada Google maps memang harus melakukan pembayaran saat berlangganan. Ada beberapa paket layanan yang bisa kamu gunakan dan memiliki beberapa fitur berbeda terutama pada segi durasinya.

Yang pertama adalah Google meet gratis, apabila kamu merupakan pengguna gratis maka jangan berharap bisa mendapatkan fitur yang memuaskan. Meskipun begitu Google tetap memberikan akses kepada kamu walaupun tidak melakukan langganan sekalipun.

Di mana kamu bisa mendapatkan fitur untuk melakukan rapat dengan durasi Google Meet maksimal 24 jam apabila hanya ada dua partisipan, lalu 1 jam untuk partisipan berjumlah 3 orang atau lebih. Adapun jumlah partisipannya maksimal 100 orang.

Jika berlangganan G Suite esensial maka kamu bisa mendapatkan fitur untuk melakukan durasi rapat selama 24 jam yang berlaku untuk semua partisipan. Namun perlu diketahui bahwa pesertanya hanya dibatasi sebanyak 150 saja. Adat kajang perlu mengeluarkan $8 USD perbulan jika berlangganan.

Lalu untuk akses yang tidak terbatas bisa ditemukan pada ada G Suite Enterprise. Sebab kamu bisa melakukan panggilan selama 24 jam penuh tanpa dipengaruhi oleh jumlah peserta. Dan beserta maksimumnya ialah 250.

Apabila kamu memiliki kebutuhan melakukan panggilan video setiap harinya, maka cobalah berlangganan beberapa paket yang disediakan agar dapat merasakan kebebasan pada durasi Google Meet.

Originally posted 2021-07-29 20:44:02.