Liputan Jawa | Mengapa Besaran Premi Asuransi Mobil All Risk, Berbeda untuk Setiap Orang?

Mengapa Besaran Premi Asuransi Mobil All Risk, Berbeda untuk Setiap Orang?

Liputanjawa.com – Memilih asuransi mobil, bagi yang memiliki kendaraan roda empat, memang merupakan suatu keharusan. Terutama mengenai asuransi jenis all risk. Selain bisa melindungi mobil Anda dari berbagai kemungkinan yang terjadi, dengan asuransi ini juga, Anda akan merasa tenang, karena adanya jaminan terhadap mobil Anda. Namun apakah Anda tahu berapa premi asuransi mobil all risk ini?

Seperti diketahui, setiap premi yang dibayarkan oleh pemilik mobil, memiliki besaran yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi mobil dengan jenis ini, yuk kenali terlebih dahulu, faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan premi ini!

Mengapa Premi Asuransi Mobil All Risk Berbeda-Beda? Apa Saja yang Membedakannya?

Sebagaimana diketahui, asuransi mobil ini terdiri dari 2 jenis. Diantaranya Total Loss Only (TLO) serta jenis asuransi all risk. Jika pada asuransi jenis TLO, penggantian asuransi hanya akan didapatkan, bilamana mobil yang diasuransikan tersebut hilang, maupun mengalami kerusakan hingga 75%.

Sementara untuk jenis asuransi mobil all risk, karena yang ditanggung adalah segala jenis kerusakan pada mobil (comprehensive), maka tentu saja premi yang harus dibayarkan juga, akan sedikit lebih mahal. Dibandingkan dengan premi pada asuransi mobil TLO.

Meskipun demikian, premi asuransi mobil all risk ini memiliki besaran yang berbeda-beda. Hal ini tentunya dikarenakan oleh beberapa faktor. Dimana untuk hal ini, akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi Asuransi Mobil All Risk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meskipun Anda memilih jenis asuransi mobil yang sama, yaitu dengan jenis asuransi all risk. Namun bukan berarti, besaran premi yang harus Anda bayarkan akan sama, dengan jumlah premi yang harus dibayarkan oleh pemilik mobil lainnya. Meskipun Anda berdua memilih jenis asuransi mobil all risk.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi mobil dengan jenis all risk ini. Diantaranya :

1.Jenis Kendaraan

Faktor penentu besaran premi pada asuransi mobil all risk ditentukan oleh jenis kendaraan. Sama halnya dengan harga dari setiap kendaraan tersebut, besaran premi yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan dengan harga beli yang jauh lebih mahal, tentunya, premi asuransinya juga akan sedikit lebih mahal. Dibandingkan dengan premi yang harus dibayarkan pemilik mobil dengan harga mobil yang lebih murah.

2. Tahun Kendaraan

Selain dipengaruhi oleh jenis kendaraan yang Anda asuransikan, perbedaan besaran premi ini juga ditentukan oleh tahun berapa kendaraan tersebut diproduksi. Dimana premi pada kendaraan terbaru, yang diproduksi beberapa tahun terakhir akan sedikit lebih mahal. Jika dibandingkan dengan premi pada mobil yang diproduksi di awal tahun 1990-an misalnya.

3. Lokasi

Selain kedua faktor diatas, lokasi juga ternyata mempengaruhi perbedaan besaran premi dari asuransi mobil all risk ini, lho. Terutama pada mobil-mobil yang berada di lokasi rawan bencana. Dimana perusahaan asuransi, akan menetapkan besaran premi asuransi mobil all risk yang sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan mobil-mobil yang berada di lokasi lainnya.

4. Faktor Usia

Meskipun mungkin sebagian dari Anda, tidak begitu peduli dengan faktor ini. Namun sebenarnya faktor usia ini juga menentukan besaran premi dari asuransi mobil yang Anda pilih. Dimana pemilik mobil dengan kisaran usia di bawah 30 tahun, maupun di atas 60 tahun, akan dikenakan premi yang jauh lebih mahal.

Hal ini dikarenakan, di rentang usia tersebut, sebagian orang memiliki kecenderungan untuk mengemudikan mobil dengan kurang hati-hati (ceroboh). Dimana dengan sikap ceroboh ini, besar kemungkinan akan menimbulkan kecelakaan, dan yang lainnya.

Itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi mobil all risk. Jadi, meskipun Anda memilih asuransi mobil yang sama dengan teman, maupun kerabat Anda. jika memang, jenis mobil, tahun kendaraan, dan yang lainnya memiliki perbedaan. Hal ini tentunya akan membuat premi asuransi yang dibayarkan akan sedikit berbeda. Meskipun memilih jenis asuransi mobil yang sama, yaitu jenis asuransi all risk.