Liputan Jawa | Pengertian dan jenis investasi saham

Pengertian dan jenis investasi saham

Liputanjawa.com – Dalam dunia bisnis pasar saham, terlebih dahulu anda harus tahu pengertian dan jenis investasi saham. Pada bisnis persahaman banyak mengandung kata bahasa inggris. Jadi, secara tidak langsung anda mesti memiliki mengerti basic english atau kamus khusus saham.

Selain itu menentukan jenis investasi saham juga harus anda perhatikan, pilihlah sesuai dengan passion. Jangan pernah mengikuti trend market, karena anda dapat terjebak atau kerugian jika belum memahaminya.

Bisnis saham ini memiliki keuntungan yang sangat besar dalam kurun waktu singkat, apabila anda tahu trik trading yang baik. Pengetahuan tentang trading saham juga sangat sulit dan ilmu yang anda pelajari juga berdasarkan teori pengalaman dari para investor senior atau analis saham.

Oleh karena itu bidang bisnis trading dan investasi saham memiliki semboyan yang sangat terkenal bagi investor yaitu “high risk high return”. Jadi sebelum memulai, anda harus tahu pengertian dan jenis investasi saham dengan baik.

Pengertian Investasi Saham

Bagi anda yang seorang pemula harus tahu beberapa kata beserta artinya dalam bisnis persahaman. Cara anda memperoleh definisi kata tersebut, dapat anda gunakan kamus khusus saham. Atau jika tidak anda bisa menggunakan internet untuk mencari arti kata tersebut.

Pengertian dan jenis investasi saham ialah menabung pada bjenis emiten saham pada pasar modal dalam rentang waktu tertentu. Investasi dapat anda lakukan dalam jangka pendek atau panjang.

Apabila anda melakukan investasi jangka panjang, maka rentang waktu minimal satu tahun. Sedangkan bila investasi jangka pendek, waktu anda menabung dan menjual saham kurang dari waktu satu tahun.

Kedua jenis investasi ini memiliki tingkat keuntungan dan resiko yang berbeda-beda. Tetapi anda dapat mencegah kerugian tersebut dengan pengalaman, pengetahuan,keberuntungan, dan analisa pasar saham yang tepat.

Selain itu, juga terdapat beberapa kata umum bagi para pemula dalam berbisnis investasi saham yaitu sebagai berikut:

  • Bid ialah menunjukan pengajuan tawaran oleh seorang calon pemebeli emiten saham. Sedangkan harganya disebut Bid Price
  • Offer merupakan penawaran jual saham yang penjual tawarkan. Harga yang penjual berikan terkenal dengan Offer Price
  • Lot adalah menjelaskan bentuk satuan saham. Adapun setiap 1 Lot memiliki 100 lembar buku saham Dan harga yang tercantum pada bursa efek berdasarkan per lembar
  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK merupakan lembaga sah pemerintah dalam mengawasi kegiatan pada sektor keuangan seperti pada pasar efek saham
  • Blue Chip sialah kelompok saham dengan tingkat keunggulan dalam kualitas dan reputasi bagus
  • Perusahaan sekuritas merupakan beberapa perusahaan keuangan yang berfungsi untuk menjembatani pembeli dengan penjual saham di BEI
  • Bursa Efek ialah tempat jual beli atau transaksi efek dari suatu perusahaan
  • Rekening RDN merupakan rekening yang berguna tempat penyimpan saldo atau dana kas anda saat transakasi saham
  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah indikator utama dari pergerakan harga saham yang tercatat pada BEI

Selain itu masih banyak pengertian dan jenis investasi saham lainnya. Namun yang paling dasar untuk pemula ketahui, minimal yang tersebut diatas.

Beberapa Jenis Investasi Saham

Jika anda mencari pengertian investasi saham, maka anda harus berfikir tentang menabung saham. Banyak jenis menabung secara umum seperti investasi dalam bidang properti, logam mulia, saham, serta sesuatu yang meningkat harganya dalam beberapa tahun kedepan.

Tetapi pada beberapa tahun terakhir, jumlah investor di Indonesia semakin meningkat. Hal ini terjadi karena beberapa sistem investasi yang telah berevolusi dalam bentuk digital. Sehingga mempermudahkan anda untuk menjadi seorang investor.

Selain itu, para investor ini rata-rata kelompok anak muda milenial. Yang mana tindakan ini sangat positif untuk meningkatkan perekonomian Indonesia kedepannya. Adapun Jenis investasi saham yang sering anak muda lakukan ialah sebagai berikut:

Investasi Reksadana Saham

Reksadana saham sendiri merupakan jenis reksadana yang mengumpulkan dana untuk membeli beberapa jenis saham. Jadi dalam satu produk reksadana yang akan anda investasi memiliki banyak portofolio emiten saham dalamnya.

Jadi jika ingin analisa kualitas suatu reksadana saham yang anda beli. Maka pilihlah reksadana yang memiliki saham-saham take profit dan pertumbuhan keuanganya juga baik. Reksadana saham juga memiliki yang syari’ah, sesuai dengan ketentuan islam.

Menabung Saham Jangka Panjang

Apabila memilih jenis saham yang berkualitas, maka pada waktu lebih dari satu tahun dapat memiliki kenaikan harga dari modal. Karena sesuai definisi investasi jangka panjang sendiri memilki waktu minimal satu tahun.

Keuntungan yang anda peroleh pada tabungan saham dalam jangka waktu setahun atau lebih, maka beberapa perusahaan emiten saham memberi dividen. Adapun dividen setiap saham bervariasi. Biasanya perusahaan akan membayar dividen sekali sampai 2 kali per tahun.

Menabung Saham Jangka Pendek

Jenis menabung atau menabung saham jangka pendek, biasanya hanya beberapa bulan saja. Investor akan membeli harga saham saat murah, kemudian beberapa bulan dengan harapan harga saham mulai naik investor akan menjualnya.

Tidak jarang juga jika fluktuasi harga saham kecenderungan meningkat, para investor jangka pendek ini sangat senang karena cuan yang mereka peroleh lebih cepat. Kekurangan dari cara ini, anda tidak meperoleh dividen.

Namun keuntungan selisih harga saham yang anda beli dan jual sekitar 50 rupiah dengan jumlah 100 lot sahm. Makan dalam jangka pendek anda sudah mengatongi keuntungan sekitar 500 ribu rupiah.

Bagaimana ? fantastis bukan. Memang bemain pada sektor saham selain anda harus tahu pengertian dan jenis investasi saham. Selanjutnya perdalami ilmu analisa pasar saham terkini. Buatlah tujuan utama anda bermain saham, sebelum mulai.

Originally posted 2021-08-07 08:49:07.