Liputan Jawa | Kenali Apa Itu Backlink untuk Situs Web dan Fungsinya

Kenali Apa Itu Backlink untuk Situs Web dan Fungsinya

Liputanjawa.com –  Seiring berkembangnya bisnis online, pelaku bisnis seharusnya membuat web bisnisnya menarik yaitu dengan menggunakan backlink maka ketahuilah apa itu backlink. Dengan demikian, bisa meningkatkan traffic pada web tersebut.

Dalam dunia SEO (search engine optimisation), penting sekali untuk meningkatkan traffic atau pengunjung web agar web berada pada tingkat teratas di mesin pencari, sehingga promosi yang dilakukan lebih efektif.

Traffic pada web harus terus ditingkatkan agar web tersebut dinilai baik oleh Google. Salah satu caranya dengan menggunakan backlink tersebut. Maka dari itu, ketahuilah pengertiannya serta fungsinya melalui penjelasan selanjutnya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Backlink

Peselancar dunia maya membutuhkan informasi yang cepat dari sebuah website. Hal tersebut merupakan karakteristik semua pengunjung internet. Dikarenakan mobilitas pengunjung internet sangat cepat. Pengunjung internet tersebut akan menilai kualitas bacaannya dalam 3 detik pertama.

Bahkan mereka dengan mudahnya berpindah dari satu web ke web yang lain hanya dalam hitungan detik. Maka harus mencari cara agar pengunjung internet tidak mudah berpindah ke web lain secepat mungkin.

Membuat pengunjung internet betah berlama-lama di websitenya dengan menampilkan artikel terbaru dan menarik yang dibutuhkan agar pengunjung tidak akan bosan mengunjungi web tersebut berulang kali. Salah satu caranya harus dilengkapi backlink.

Lantas, apa itu backlink? Penggunaan link agar 2 situs bisa saling terhubung serta pengguna internet akan mendapatkan lebih banyak informasi. Bila mengunjungi web lebih lama maka akan berpengaruh pada algoritma Google.

Algoritma Google akan menilai bahwa web tersebut baik serta layak ditempatkan pada posisi teratas mesin pencari karena tidak hanya dihitung berdasarkan jumlah kunjungan saja, tetapi juga dihitung berdasarkan lamanya waktu pengunjung untuk mengunjungi web tersebut.

Artikel pada web bisnis yang terhubung dengan situs lain, akan membuat pengunjung internet betah berlama-lama membaca informasi yang ditampilkan pada web tersebut. Maka, selain harus mengetahui pengertian dari apa itu backlink, sebaiknya mengetahui sistem kerjanya.

Sistem kerja dari backlink ini membuat web bisnis sebagai portal untuk mengunjungi web lain. Itulah sebabnya sangat berguna bila digunakan untuk mengembangkan web bisnis karena 90% pengunjung akan mengklik backlink tersebut agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Beberapa Fungsi dari Backlink yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu backlink, selanjutnya adalah mengetahui penjelasan akan fungsinya agar bisa digunakan lebih optimal pada sebuah web tersebut serta sistem kerjanya harus dipahami agar tidak salah dalam menempatkan.

Menggunakan backlink akan mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk sebuah web bisnis. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan traffic web, maka ketahuilah beberapa fungsi dari backlink tersebut, berikut penjelasannya:

1. Berfungsi Membuat Web Menjadi SEO Friendly

Fungsi yang pertama adalah dapat membuat web ramah di mesin pencari karena banyaknya pengunjung pada web tersebut sehingga baik untuk ratingnya sehingga Google akan menempatkannya pada peringkat teratas.

2. Pengunjung Referral Meningkat

Penggunaan backlink akan meningkatkan pengunjung referral sehingga tidak hanya mendapatkan pengunjung dari satu celah saja. Justru pengunjung referral ini lebih mudah didapatkan selama linknya berfungsi.

3. Otoritas Web Lebih Berkembang

Membangun otomatis web akan berpengaruh pada penilaian google terhadap web tersebut. Terlebih jika backlink tersebut terhubung dengan situs yang kredibel serta memiliki jumlah pengunjung banyak.

4. Terhubung dengan Web yang Kredibel

Backlink berperan sebagai sebuah portal dari situs yang populer hingga sampai pada web yang dimiliki. Dengan demikian, menghubungkan 2 web agar saling berkaitan agar saling mendukung untuk meningkatkan traffic web.

5. Berfungsi Sebagai Indikator Popularitas Web

Backlink bisa dijadikan sebuah indikator akan popularitas web tersebut karena backlink yang terhubung dengan web, jika jumlahnya semakin banyak maka kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung lebih besar.

Web dengan banyak traffic lebih baik karena promosi tepat sasaran. Dengan demikian, pemiliknya diharuskan menciptakan sebuah cara agar web dikunjungi banyak pengunjung internet, sehingga harus mengetahui apa itu backlink.