Liputan Jawa | Cara Mengatasi Harddisk Korsleting dengan Mudah
Unsplash.com

Cara Mengatasi Harddisk Korsleting dengan Mudah

Salah satu komponen yang paling penting dari sebuah komputer adalah harddisk. Fungsinya adalah sebagai tempat menyimpan data pada komputer. Lantas, jika hardisk rusak bagaimana? Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi harddisk korsleting.

Apa Itu Hard Disk?

Harddisk merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah komputer jika tidak ada harddisk, maka komputer tidak akan bisa menyala.

Harddisk sendiri terdiri dari dua macam, yakni harddisk internal dan eksternal. Perbedaannya hanya terletak pada posisinya dalam komputer.

Untuk harddisk internal dipasang langsung pada komputer. Hrddisk internal ini berfungsi sebagai media penyimpanan utama oleh sistem komputer. Sementara untuk harddisk eksternal berfungsi sebagai media penyimpanan alternatif.

Cara Mengatasi Harddisk Korsleting

Harddisk internal maupun eksternal, keduanya sama-sama berpotensi mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang mungkin terjadi pada harddisk internal adalah konslet.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara mengatasi harddisk korsleting yang perlu Anda ketahui.

1. Siapkan Alat Perbaikan

Sebelum Anda memulai perbaikan pada harddisk, maka Anda pasti akan membutuhkan beberapa alat yang sebelumnya sudah harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

  • Obeng dengan ujung plus. Fungsi dari obeng ini adalah untuk membuka sekrup yang mengikat mainboard pada harddisk.
  • Multitester atau multimeter yang berguna untuk mengecek komponen dioda yang konslet.
  • Solder berguna untuk memanaskan timah yang akan menempelkan dioda baru ke mainboard harddisk.
  • Timah untuk menempelkan dioda ke mainboard harddisk.
  • Penyedot timah.
  • Dioda satu atau dua ampere.

2. Bongkar Casing Harddisk

Cara mengatasi harddisk korsleting selanjutnya adalah dengan membongkar casing dari harddisk yang konslet. Lakukanlah pembongkaran casing harddisk dengan hati-hati. Tujuannya adalah agar tidak berdampak pada cakram yang ada dalam harddisk tersebut.

3. Lepaskan Sekrup Mainboard

Setelah Anda membuka casing harddisk, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan sekrup dari mainboard harddisknya.

Namun, masih ada hal penting lain yang perlu Anda perhatikan. Untuk harddisk konslet yang komponennya terletak di bagian dalam harddisknya. Maka, Anda perlu membuka sekrup mainboardnya terlebih dahulu.

Sementara untuk harddisk yang komponennya berada di luar dan sudah terlihat secara langsung, maka tidak perlu dilakukan pembukaan mainboard.

4. Lakukan Pengecekan Dioda

Konslet yang terjadi pada harddisk ini sering terjadi pada komponen pengaman tegangan 12 volt yang ada dalam harddisk. Tegangan dalam harddisk ini berasal dari kabel power supply yang berwarna kuning.

Sementara itu, kabel merahnya memiliki tegangan sebesar 5 volt yang berasal dari dioda. yang sudah terhubung pada dioda memiliki nilai tegangan sebesar 5 volt. Terkadang, dioda pengaman tegangan 5 volt ini juga bisa konslet. Namun, hal tersebut sangat jarang terjadi.

Untuk memastikan bahwa yang terjadi konslet bukan terletak pada diodanya, maka silahkan Anda cek terlebih dahulu dioda pengaman tegangan 12 voltnya.

5. Ganti Dioda

Cara mengatasi harddisk korsleting selanjutnya adalah dengan mengganti diodanya. Hal ini perlu untuk dilakukan apabila memang diodanya bermasalah. Anda bisa mengganti dioda dengan 1 sampai 2 ampere saja.

Selain itu, perhatikan juga posisi dari anoda dan katodanya. Peletakan posisi anoda dan dioda ini perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada yang tertukar dalam pemasangannya.

6. Coba Harddisk

hardisk

Cara mengatasi harddisk korsleting yang terakhir adalah dengan mencoba menjalankan harddisk itu sendiri. Jika mencobanya, maka Anda sudah tidak perlu untuk memasang kembali casing  harddisknya. Mengingat masih ada peluang kerusakan.

Ketika dioda sudah tidak mengalami korsleting lagi, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai Indikator berhasilnya perbaikan harddisk. Jika semua dirasa sudah beres, maka Anda bisa memasang kembali sekrup pada mainboard dan casingnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop error dan rusak.