Liputan Jawa | Penyebab Komputer Cepat Panas

Penyebab Komputer Cepat Panas

Liputanjawa.com – Orang sudah pasti menggunakan komputer dalam berbagai macam kegiatan yang ada. Anda pastinya memakai perangkat ini untuk kemudahan sendiri. Mulai dari bekerja atau sekolah hingga bersantai. Semua aktivitas yang ada dapat dilakukan dengan perangkat ini. Sayangnya, sekarang ini komputer sering panas. Untuk itu, penting ketahui penyebab komputer cepat panas lebih dulu juga. 

Beberapa orang bahkan merasa kesal ketika sedang bekerja dan perangkat panas secara mendadak. Apalagi jika Anda menggunakan perangkat baru sebentar. Komputer yang suhunya tinggi juga dapat menyebabkan hang sendiri. Hal ini juga dapat merusak berbagai hardware atau software yang ada. Belum lagi, banyak orang yang masih memaksakan penggunaan perihal banyak pekerjaan. 

5 Penyebab Komputer Cepat Panas 

Orang menggunakan cara mudah juga untuk memperbaiki dengan tau penyebab lebih dulu. Ada beberapa penyebab secara umum yang membuat perangkat Anda panas. Ini beberapa hal yang menjadikan perangkat Anda panas. 

1. Terlalu lama gaming

Terlalu lama gaming
unsplash.com

Banyak yang menggunakan komputer untuk gaming karena perangkat ini memang memberikan keseruan sendiri. Anda dapat memakai perangkat ini untuk bermain karena memang lebih banyak game yang kompatibel. Namun, tidak semua komputer cocok untuk Anda gunakan gaming.  Banyak yang justru menjadi sering hang atau penyebab komputer cepat rusak

Berbagai macam game membuat komponen dalam komputer harus bekerja jauh lebih keras lagi. Dengan begitu, wajar kalau perangkat menjadi lebih cepat panas. Hal ini karena adanya VGA kemudian processor dan juga memory yang harus bekerja keras. Jadi, ada panas tinggi yang membuat komputer restart sendiri. 

2. Kipas pendingin kotor

Penyebab komputer cepat panas lainnya adalah kipas pendingin yang kotor. Anda harus tau kalau kipas memang dapat memberikan pengaruh pada panas karena putarannya menurun. Apalagi dengan kipas yang kotor dan mempunyai banyak debu. Ini juga yang membuat processor kelebihan panas dan sering mati sendiri. Anda dapat cek kipas dan bersihkan semua debu yang ada. 

3. Kualitas processor buruk

Kualitas Processor Buruk
unsplash.com

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dari processor sendiri. Tentunya, kualitas yang buruk dari processor sendiri memberikan pengaruh yang sangat besar. Ada banyak yang tidak mampu menahan panas tinggi. Beberapa sanggup menerima suhu hingga 85 derajat celcius. Tapi, ada beberapa yang hanya tahan hingga 72 derajat saja. Kualitas ini memberikan banyak pengaruh.

4. Ada masalah power supply

Masalah Power Supply
unsplash.com

Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya jika komputer Anda mengalami masalah yang sama. Lihat power supply yang tersambung pada perangkat. Komponen ini mengalirkan tegangan listrik ke dalam komputer. Jangan sampai ada kebocoran pada komponen. Seluruh komputer akan menjadi panas hingga rusak secara mendadak. 

5. Pendingin tidak terpasang

Pendingin Tak Terpasang
unsplash.com

Anda juga harus memperhatikan posisi pendingin dalam hal seperti ini.  Posisi aluminium yang tidak terpasang dengan baik membuat komputer overheat. Cobalah untuk membongkar CPU dan lihat pada posisi aluminum. Pendingin ini harus ada tepat di atas processor. Tentunya, harus dalam keadaan yang bersih juga. Anda dapat bersihkan pendingin sehingga bekerja maksimal. 

Beberapa hal yang ada ini dapat menjadi penyebab komputer cepat panas yang harus Anda ketahui juga. Penting untuk mengetahui berbagai penyebab. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi masalah yang ada pada perangkat. Jangan biasakan untuk bermain dalam waktu yang lama. Pastikan memberikan perawatan sesuai sehingga tahan lama.