Liputan Jawa | Mengenal Fungsi RAM pada Ponsel Android Wajib Diketahui

Mengenal Fungsi RAM pada Ponsel Android Wajib Diketahui

Liputanjawa.com – Fungsi RAM pada ponsel kerap kali dicari oleh para pembeli sebelum memutuskan membeli ponsel baru. Besaran RAM ini merupakan salah satu dari spesifikasi yang bisa saja dijadikan bahan pertimbangan saat membeli smartphone.

Sekarang ini kapasitas RAM sudah beraneka ragam, mulai dari 1 hingga 18 GB. RAM ini kepanjangan dari Random Access Memory, yang memiliki cara kerja hampir sama.

Seperti memori internal yang biasanya kamu pakai dalam menyimpan file penting, foto, aplikasi dan juga video. Namun, kemampuan dari RAM ini ternyata lebih cepat dan juga praktis dibandingkan dengan memori internal biasanya.

Bila kamu ingin menyimpan sesuatu yang penting dengan aman dan cepat, maka cukup mudah dengan memanfaatkan RAM yang ada pada ponsel kamu saja.

Apa Saja Fungsi RAM Pada Ponsel?

Fungsi RAM yang pertama adalah mampu untuk menyimpan beragam file penting dari sistem atau pun aplikasi yang sedang digunakan oleh smartphone sementara waktu saja.

Dikarenakan disimpan dalam RAM, ponsel akan otomatis langsung membaca, menjalankan, serta meluncurkan aplikasi dengan begitu cepatnya. Sebelum aplikasi yang akan dijalankan ini disimpan di RAM, semua file dari sistem maupun aplikasi di smartphone.

Termasuk juga di dalamnya adalah file sistem operasi Android atau OS, semuanya tersimpan di dalam memori internal perangkat keras. Saat aplikasi atau file ingin dibuka, maka secara otomatis akan langsung dimuat ke dalam RAM.

Upaya smartphone dapat menjalankan aplikasi dan file dengan mudah dan lancar. Sebaliknya, bila aplikasi sedang tidak digunakan, maka otomatis RAM akan menghapusnya sehingga kapasitas RAM kembali seperti semula.

Selain fungsi RAM pada ponsel untuk melancarkan aplikasi yang akan kamu buka. RAM ini bermanfaatkan untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.

Namun, tidak akan membuat ponsel kamu menjadi lambat atau kendala yang lainnya. Saat menjalankan lebih dari satu aplikasi, para pengguna dapat menyimpan aplikasi di dalam RAM smartphone, pada saat ingin membuka aplikasi yang lainnya.

Ketika kamu ingin membuka aplikasi lainnya, maka tidak perlu menunggu lama – lama. Karena sudah bisa langsung membuka dengan lancar tanpa lemot.

Benarkah Performa Ponsel Dipengaruhi Oleh Kapasitas RAM?

Secara sederhananya, semakin besar kapasitas RAM dalam ponsel, maka semakin besar juga beragam aplikasi yang dapat kamu simpan serta membuka aplikasi lebih dari satu. Dengan cara inilah, kamu tidak perlu lagi menutup aplikasi bila ingin membuka aplikasi yang lainnya.

Namun, pengertian di atas ternyata tidak berlaku pada smartphne produk dari Apple. Hal ini disebabkan kapasitas RAM yang ada pada iPhone memanglah tidak sebesar seperti ponsel Android.

Meskipun demikian, smartphone Apple ini tidak lebih lambat dari produknya Android. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam jenis aplikasi yang sedang berjalan di iPhone ini bisa dioptimalisasi.

Sehingga tidak akan memakan kapasitas RAM lebih banyak, namun aplikasi tetap bisa berjalan dengan lancar. Perbedaan ini jelas terlihat dari iPhone sudah menjalankan sistem OS buatan Apple sendiri, yakni bernama iOS.

Di sisi yang lainnya, ponsel menggunakan sistem operasi Android memang banyak sekali digunakan oleh produk smartphone lainnya. Sehingga proses optimasi dari seluruh aplikasi pun kadang membuat repot pihak pengembang.

Selain itu juga, untuk manajemen RAM pada ponsel iPhone bisa diatur sendiri. Agar lebih mudah dan menghemat penggunaan RAM.

Sekarang ini, banyak orang yang lebih melihat fungsi RAM pada ponsel ketika ingin membelinya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui fungsi serta cara kerja untuk ponsel kamu.