Liputan Jawa | 7 Mesin Pencarian Terbaik Dunia Harus Diketahui

7 Mesin Pencarian Terbaik Dunia Harus Diketahui

Liputanjawa.com – Mesin pencarian menjadi bagian kebutuhan manusia modern karena dapat mengakses informasi dari internet, sehingga harus mengetahui mesin pencarian terbaik dunia. Dikarenakan selama ini hanya mengenal Google sebagai mesin pencari.

Google saat ini sebagai mesin pencari terbaik dan populer memiliki pengguna yang cukup banyak. Namun, ternyata masih ada mesin pencari di internet selain Google tersebut. Bahkan tidak kalah canggih.

Wajar, jika Google sangat populer sebagai mesin pencari karena kemudahan untuk menggunakannya serta dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak raksasa. Namun, masih ada mesin pencari lainnya menjadi yang terbaik di dunia.

Beberapa Mesin Pencarian Terbaik Dunia

Pengguna internet harus mengetahui informasi ini agar penggunanya memiliki alternatif lain tidak hanya menggunakan satu jenis mesin pencari saja bila Google sedang mengalami gangguan. Berikut daftarnya:

  • DuckDuckGo

Rekomendasi yang pertama sebagai mesin pencarian terbaik dunia adalah DuckDuckGo. Tampilannya sama seperti Google, sehingga banyak orang yang menganggap bahwa mesin pencari ini berada di bawah naungan sama dengan Google.

DuckDuckGo hadir sebagai salah satu peramban terbaik di dunia karena data pengguna yang berselancar di internet menggunakannya tidak akan disimpan sehingga privacy penggunanya lebih aman.

  • Bing

Mesin peramban ini merupakan bagian dari MSN Search. Kehadiran Bing sebagai solusi bagi pengguna internet agar tidak tergantung dengan Google sehingga pengguna internet memiliki alternatif lain.

Sejak tahun 2009 lalu, Bing dipisahkan dari MSN Search dan kini berdiri sendiri. Mesin peramban yang diciptakan oleh Microsoft tersebut kini menjadi salah satu mesin peramban terbaik di dunia.

  • Dogpile Search

Jauh sebelum Google diciptakan, mesin pencari ini telah lebih dulu populer, hingga akhirnya popularitasnya jatuh ke tangan Google serta mengalami penurunan penggunanya.

Meskipun demikian, Dogpile terus berinovasi dengan memperbarui sistem pencariannya. Saat ini, Dogpile menjadi salah satu mesin pencarian terbaik dunia karena keakuratannya saat melakukan pencarian menggunakan cross link.

  • Yippi Search

Pada dasarnya, mesin pencarian ini digunakan sebagai deep search engine web sehingga semua informasi yang tidak ditemukan di peramban lain bisa ditelusuri oleh mesin pencari Ini.

Sedikit berbeda dengan mesin pencarian lainnya yang menggunakan robot spider, mesin pencari ini tidak menggunakan robot tersebut sana sekali. Bahkan pencarian yang dilakukannya tidak bisa dideteksi dengan metode konvensional.

  • Webopedia

Mesin pencari ini lebih lengkap untuk memberikan informasi terkait dengan teknologi, terutama untuk pengguna yang bekerja dalam bidang komputer serta berbagai perangkat lunaknya sehingga banyak digunakan oleh teknisi.

Meskipun demikian, mesin ini merupakan salah satu mesin pencarian terbaik dunia karena memiliki web ensiklopedia lengkap mengenai komputer sehingga banyak orang yang memilihnya.

  • Yahoo

Mesin pencari satu ini pernah merajai internet sebelum akhirnya kalah oleh google. Dikarenakan fiturnya yang lengkap, banyak orang yang nyaman mencari informasi melalui mesin pencarian tersebut.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, mesin pencari ini berhasil membuat gebrakan baru dalam teknologi informasi sehingga memfasilitasi penggunanya untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat.

  • Ask

Sesuai dengan namanya, ask diciptakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna internet. Ketika pengguna internet bertanya, ask akan menjawabnya dengan menampilkan beberapa rekomendasi situs web.

Hal tersebut membuatnya populer dan menjadi salah satu mesin pencarian yang terbaik dunia. Namun sayangnya, mesin peramban ini harus mengalami keterpurukan karena ada dugaan situsnya merupakan Malware.

Adanya internet mudah untuk mendapatkan informasi. Terutama didukung dengan kehadiran mesin pencari sehingga mudah untuk menelusuri informasi yang dibutuhkan, maka harus mengetahui mesin pencarian terbaik dunia.