Liputan Jawa | Tips Atasi Power Supply Bermasalah Sendiri Dirumah

Tips Atasi Power Supply Bermasalah Sendiri Dirumah

Liputanjawa.com – Power supply merupakan hardware yang memiliki peranan penting dalam sebuah komputer. Tanpa adanya power supply, maka komputer tidak akan bisa hidup. Nah, berikut ini ada beberapa tips atasi power supply bermasalah untuk mengantisipasi kerusakan. 

Apa Itu Power Supply?

Power supply memiliki fungsi untuk menyalurkan listrik ke semua komponen yang ada dalam komputer. Dalam power supply terdapat kapasitas watt yang sudah tertulis dengan jelas. 

Namun, kebanyakan power supply ini memiliki kapasitas sekitar 00 watt, 750 watt, hingga 10000 watt. Ukuran watt ini. Tergantung dari spesifikasi komputer yang Anda butuhkan. 

Tips Atasi Power Supply Bermasalah

Berikut ini ada beberapa tips atasi power supply bermasalah yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. 

Cek Power Supply

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecek power supplynya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Lepaskan power supply dari stop kontak. 
  2. Lepas semua kabel yang terpasang di motherboard, kabel yang menempel pada hardisk, dvd room, dan yang ada pada perangkat lain dan masih terhubung. 
  3. Pasang kembali kabel listrik ke power supply, sehingga ada aliran listrik yang masuk. 
  4. Siapkan kabel tunggal, atau kawat kecil dengan panjang kurang lebih 5 sampai 10 cm yang ujungnya sudah dikupas. 
  5. Pegang bagian kabel utama dari power supply, lalu hubungkan lagi kawat kecil tersebut ke ujung kabel warna hijau dan ujung lainnya ke kabel warna hitam. 

Jika fan dari power supply ini berhasil berputar, maka bisa dipastikan bahwa tidak ada masalah pada power supply Anda. Oleh sebab itu, silahkan Anda cek komponen lain yang ada di komputer. 

Namun, jika fan tidak bisa berputar, maka benar power supply Anda sedang mengalami kerusakan. 

Cara Memperbaiki Power Supply yang Bermasalah

Setelah Anda melakukan pengecekan apakah power supply normal atau bermasalah, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa tips atasi power supply bermasalah sebagai berikut ini. 

  1. Lepaskan kotak power supply dari casing komputernya. Tujuan pelepasan kotak power supply ini adalah untuk mempermudah pengecekan power supplynya. 
  2. Periksa kabel dan komponen elektroniknya. Kemungkinan ada bagian yang terbakar, sehingga bisa diketahui lebih dini dan menggantinya dengan yang baru. 
  3. Solderan kaki komponen bisa terlepas karena temperatur suhu ruangan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa memperbaiki solder yang terlepas dengan menggunakan timah lunak dan flux yang encer. 

Apabila pengecekan dan perbaikan di komponen yang rusak ini sudah Anda lakukan, maka silahkan pasang kembali kotak power supply dengan benar. 

Cobalah power supply dengan cara mencolokkan disk drive atau dvd room. Cek juga apakah memang fun bisa berputar dengan normal atau tidak. 

Jika memang setelah Anda melakukan beberapa tips atasi power supply bermasalah tersebut namun power supply tetap tidak bisa hidup, maka sebaiknya Anda membawanya ke tempat servis. 

Power supply yang sudah rusak namun tetap bisa diservis juga tidak memiliki jaminan akan bisa bertahan lama. Ada banyak kemungkinan power supply tersebut bisa rusak kembali. 

Untuk menyiasatinya, maka Anda harus sering-sering membersihkan komputer Anda. Selain itu, Anda juga harus merawatnya dengan benar agar power supply bisa bertahan lama dan tidak ada komponen yang rusak. 

Dikarenakan komputer sering berhubungan dengan listrik, maka peluang power supply error juga cukup tinggi. Terlebih jika komputer sering digunakan setiap hari.