Liputan Jawa | Ini 4  Penyebab Komputer Mati Sendiri Yang Perlu Diketahui

Ini 4 Penyebab Komputer Mati Sendiri Yang Perlu Diketahui

Liputanjawa.com – Komputer sudah menjadi salah satu perangkat umum yang orang gunakan untuk berbagai macam hal. Anda pastinya tidak akan merasa nyaman jika ada masalah pada perangkat Anda. Sayangnya, Anda sedang mengalami masalah pada komputer sehingga mencari penyebab komputer mati sendiri. Tenang saja, Anda dapat mengatasi hal ini dengan mudah jika tahu penyebab. 

Menjadi hal yang normal jika Anda panik saat perangkat mati. Semua orang juga merasakan hal yang sama. Anda dapat melakukan perbaikan dengan baik jika sudah tau penyebab. Apa saja penyebabnya?  Anda akan tau dengan baik jika memperhatikan ulasan ini dengan baik. Baca untuk temukan penyebab masalah yang Anda hadapi ini.

4 Penyebab Komputer Mati Sendiri 

Anda akan mendapatkan pencerahan untuk cara atasi dan tidak melakukan hal yang sama dengan tau penyebab. Ini beberapa bentuk alasan yang membuat perangkat Anda tidak optimal. 

1. Terlalu panas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah suhu dari komputer sendiri. Memang ada juga penyebab komputer cepat panas yang perlu Anda ketahui. Kepanasan ini dapat menyebabkan banyak efek dan salah satunya adalah kematian perangkat mendadak. Rata-rata processor sudah dirancang untuk mati otomatis saat terlalu panas. Dengan ini, kerusakan parah dapat dicegah. 

Jangan terlalu lama memaksakan perangkat untuk bekerja. Apalagi jika digunakan untuk bermain game dan tidak memperoleh perawatan tepat. Jika seperti itu, sudah dipastikan kalau perangkat akan rusak dalam waktu cepat. Salah satunya dengan mati mendadak lebih dulu. 

2. Beratnya beban kerja komputer

Sama halnya seperti manusia yang bisa sakit kapan saja ketika terlalu lelah. Komputer juga mengalami hal yang sama. Penyebab komputer mati sendiri ini juga banyak terjadi. Anda tidak boleh membuka terlalu banyak program. Jangan buka banyak program berat tanpa adanya istirahat pada komputer. Hal ini menciptakan overheat hingga mati sendiri. 

Maka, banyak yang membiarkan komputer tidak digunakan satu atau dua jam. Jauh lebih lama Anda membiarkan komputer istirahat. Hal ini akan semakin baik untuk ketahanan perangkat. Gunakan kembali jika semua komponen yang ada sudah dingin. Sebaiknya, jangan pakai jika belum dingin sepenuhnya. 

3. Debu menumpuk

Komputer yang kotor juga tidak dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini karena banyaknya debu yang menyumbat berbagai macam bagian dan menyebabkan overheat. Biasanya, debu akan menumpuk pada bagian dalam komputer. Anda dapat cek pada bagian kipas kemudian motherboard. Lihat juga bagian lainnya yang mungkin mempunyai banyak debu. 

Debu yang ada pada komponen komputer ini juga yang menyebabkan terjadinya kesulitan pertukaran udara. Paling cepat jika Anda cek pada bagian kipas processor. Untuk melepaskan dan memasang kembali berbagai macam komponen yang ada. Maka, Anda harus ingat semua bagiannya dengan baik. Jika tidak, hal ini akan menjadi semakin merepotkan untuk perbaikan nantinya. 

4. Daya listrik tidak stabil 

Memperhatikan hal lainnya seperti listrik menjadi bagian penting untuk Anda perhatikan. Anda hanya dapat menjalankan perangkat dengan baik jika daya juga kuat. Jika memang ada masalah pada daya listrik, komputer juga akan kekurangan pendukung untuk menjalankan banyak program. Jadi, perangkat akan mati sendiri. 

Beberapa penyebab komputer mati sendiri ini menjadi hal penting untuk Anda ketahui juga. Tidak perlu langsung pergi ke tempat service jika ada masalah seperti ini. Yang harus Anda lakukan adalah perhatikan penyebab dan perbaiki sendiri dahulu.