Liputan Jawa | 4 Cara Membersihkan Komputer dari Debu yang Mudah!

4 Cara Membersihkan Komputer dari Debu yang Mudah!

Liputanjawa.com – Membersihkan alat elektronik di rumah sangatlah penting dan harus dilakukan secara rutin, terutama pada alat elektronik komputer. Oleh sebab itu, mari disimak ulasan cara membersihkan komputer dari debu dengan cara yang tepat.

Dengan membersihkannya secara  lebih giat, Anda akan terhindar dari kerusakan komputer, sebab Anda merawatnya dengan baik.

Berikut 4 Cara Membersihkan Komputer dari Debu dengan Mudah

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan komputer dari debu dengan mudah dan efektif tentunya.

1. Menggunakan Alat Pembersih Debu

Pertama Anda bisa membersihkan komputer ataupun laptop Anda dengan menggunakan alat pembersih debu, mulai dari kemoceng, vacuum cleaner khusus alat elektronik, hair dryer dan alat lainnya. Dengan menggunakan salah satu alat diantaranya akan memudahkan Anda untuk membersihkan komputer yang Anda miliki

Anda bisa membersihkannya dengan lebih cepat dan mudah. Jika Anda menggunakan kemoceng, cukup dengan menyapunya secara perlahan, begitupun dengan alat lain seperti vacuum cleaner atau hair dryer.  Ingat jangan dulu membersihkannya dengan cairan agar pembersihan dilakukan secara efektif.

2. Mengelapnya dengan Cairan Khusus

Setelah membersihkannya menggunakan alat pembersih debu di atas, selanjutnya Anda bisa membersihkannya menggunakan cairan, jangan asal menggunakan cairan, cairan yang Anda pakai haruslah cairan khusus pembersih komputer ya.

Anda bisa mengelap bagian-bagian komputer dengan kain tipis berbahan lembut setelah cairan tersebut dituangkan pada kain. Sehingga kotoran yang masih tertinggal tadi bisa dibersihkan dengan aman dan berhati-hati.  Cara ini sangat efektif jika cara yang pertama masih meninggalkan kotoran debu pada komputer.

3. Membersihkan Secara Keseluruhan

Yang ketiga Anda wajib membersihkan komputer tersebut secara menyeluruh pada komponen komputer, jangan sampai ada yang tertinggal.  Jika Anda membersihkan secara asal komputer Anda tidak akan tuntas dari kebersihannya.

Komponen penting yang tidak boleh Anda lewatkan tentulah layar monitor dan keyboard komputer, terutama sela-sela keyboard komputer. Untuk membersihkan keyboard komputer Anda tentu membutuhkan alat bantu yang khusus, ya.

Selain itu, Anda pun harus memperhatikan komponen lainnya seperti CPU dan komponen kecil lainnya seperti mouse.

Anda harus membersihkan keseluruhan bagian komputer dengan benar dan tepat. Seperti dalam pemilihan cairan khusus yang digunakan  tidak boleh mengandung alkohol, sebab dapat merusak komponennya.

Sebagai solusinya Anda bisa membuat cairan khusus dengan campuran air cuka yang dicampur dengan air biasa secukupnya.

4. Membersihkan Goresan pada Komputer

Selain harus membersihkan komputer dari debu Anda pun harus membersihkan goresan yang ada pada komputer.  Untuk membersihkan goresan pada komputer, Anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai solusinya.

Namun, harus Anda perhatikan dalam penggunaan pasta gigi tidak boleh mengandung pemutih ataupun berbentuk gel, ya.  hal ini dikarenakan ketidaknya efektifan pembersihannya atau bahkan bisa berakibat kerusakan.

Cara membersihkan goresan komputer dengan pasta gigi cukuplah mudah, Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung ke bagian goresan pada komputer menggunakan lap microfiber. Lalu, diamkan beberapa waktu sebelum  Anda membersihkannya menggunakan kain kering.

Cara ini terbilang efektif untuk membersihkan goresan yang ada pada komputer.  Cara yang sangat mudah bukan?

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cara membersihkan komputer dari debu. Dengan membersihkannya secara rutin, komputer Anda bisa terhindari dari kerusakan yang lebih cepat. Lakukan langkah di atas untuk kemudahan dalam membersihkan komputer Anda,ya!

selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan cara  mengecek komputer dari virus dengan rekomendasi Antivirus untuk Komputer