Liputan Jawa | Tips Memelihara Baterai Ponsel Android Supaya Tidak Boros

Tips Memelihara Baterai Ponsel Android Supaya Tidak Boros

Liputanjawa.com –  Memelihara baterai ponsel Android memang wajib dilakukan supaya bisa bertahan dalam waktu yang relatif lama. Terkadang sering kali para pengguna mengeluhkan baterai smartphone tiba – tiba lebih cepat habis atau lowbet.

Tentu saja hal ini membuat kamu merasa jengkel dan kesal. Keberadaan ponsel saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan sehari – hari dalam menjalankan aktivitas. Maka dari itulah, menjaga daya baterai pun menjadi pilihan untuk ponsel kamu bila terlalu sering digunakan.

Sekarang ini, ponsel kerap kali menggunakan baterai dengan bahan lithium ion untuk penyimpanan cadangan energi. Jenis baterai in terbuat dari logan litium dan juga ion litium yang bergerak keluar masuk, sehingga kadang menyebabkan tampilan fisik baterai berubah jadi mengelembung.

Ada beberapa cara sederhana bila kamu ingin menjaga dan memelihara baterai ponsel supaya lebih awet dan juga tahan lama. Untuk itulah kamu dapat mengikuti penjelasan lengkap dari kami di bawah ini.

Lakukan Cara Berikut untuk Memelihara Baterai Ponsel Android

Ponsel yang kamu gunakan semakin lama akan mengalami penurunan daya tahan baterainya, bahkan bisa berujung pada kerusakan yang cukup fatal. Meskipun demikian adanya, sebenarnya para pengguna bisa mencegah hal tersebut.

Dengan cara yang benar – benar menjaga penggunaan baterai pada ponsel. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk memelihara baterai ponsel, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Hindari Memakai Ponsel Saat Dicas

Memelihara baterai ponsel android supaya lebih tetap awet adalah dengan tidak kamu gunakan selama smartphone ini diisi daya atau dicas. Penggunaan ponsel Android ketika sedang mengisi daya ini ternyata bisa berdampak cukup buruk untuk umur baterai.

Pada saat memakai ponsel ketika sedang dicas ini, ponsel akan cenderung menarik daya lebih besar dari pengisi daya serta bisa juga mengurangi jumlah daya yang biasanya akan dialirkan langsung ke dalam baterai.

  1. Jangan Mengaktifkan GPS Terlalu Lama

Fitur lokasi pada ponsel atau biasanya dikenal dengan GPS ini ternyata bisa menghabiskan energi pada baterai tersebut sehingga kamu pun lebih sering mengisi ulang dengan cara dicas. Mungkin dampaknya bisa satu bulan, baterai pun akan lebih mudah atau cepat habis.

Cara untuk menjaga baterai ini pun bisa dilakukan dengan mudah, yakni selalu nonaktifkan fitur GPS setelah selesai digunakan. Hal ini terbilang cukup ampuh untuk mempertahankan masa daya dan umur baterai ponsel Android milik kamu.

  1. Hindari Pengisian Daya Ponsel Terlalu Lama

Cara berikutnya yang bisa menjaga kesehatan dari baterai ponsel Android adalah dengan tidak mengisi daya atau mencharger smatphone terlalu lama. Sekarang ini, kebanyakan dari ponsel sudah menggunakan teknik terbaru yakni fast charging.

Atau pengisi daya dalam waktu yang cukup singkat. Dengan kehadiran teknik inovasi terbaru inilah, kamu tidak perlu lagi mengisi daya hingga semalaman penuh pada saat tidur.

Beberapa dari kasus yang sudah pernah terjadi ketika mengisi daya ketika tidur ini bisa membuat baterai ponsel menjadi bergelembung bahkan dapat juga meledak karena pengisian daya dalam waktu yang relatif lama.

Meskipun dari beberapa produk ponsel Android ini sudah menerapkan pemutusan daya secara otomatis setelah baterai sudah terisi penuh, namun tetap saja tidak disarankan kepada kamu untuk charger ponsel selama semalaman penuh.

Baterai ponsel menjadi komponen penting selama kamu menggunakan untuk kebutuhan sehari – hari. Dengan menerapkan cara di atas, pengguna bisa benar – benar memelihara baterai ponsel Android dengan semaksimal mungkin sehingga dapat awet dan tahan lama.