7 Aplikasi Paling Boros Kuota Internet yang Wajib Diketahui!

Beberapa hari yang lalu kuota internet saya habis dan hari ini tiba-tiba jadi setengahnya. Mengapa kuota internet saya cepat habis? Karena ada program yang mengurangi kuota secara signifikan. Lalu apa saja aplikasi kuota internet gratis terbaik?

Sebuah aplikasi berguna atau tidak sebenarnya tergantung dari siapa yang menggunakannya. Namun, mengetahui bagaimana berbagai aplikasi menggunakan kuota untuk mengurangi penggunaannya akan sangat membantu. Berhati-hatilah saat menggunakan program berikut:

1. Aplikasi Sosial Media

Karena tersedianya aplikasi jejaring sosial di smartphone, mereka dapat dengan mudah digunakan di mana saja. Tanpa disadari, jejaring sosial digunakan selama berjam-jam, secara tidak langsung memakan ruang internet.

Dari Facebook, Twitter, dan Instagram, aplikasi ini terus mengunggah foto dan video selama digunakan. Oleh karena itu, media sosial harus digunakan secara moderat. Program ini juga memiliki versi yang lebih ringan yang menggunakan kuota lebih efisien.

2. Aplikasi Platform Video

Aplikasi kencan internet unik berikutnya adalah aplikasi berbagi video seperti YouTube, TikTok, dan Snapchat. Meskipun video pendek tidak terlalu memakan peringkat, orang sering menonton ratusan video dalam hitungan jam.

Untungnya, TikTok dan Snapchat kini memiliki pengaturan yang dapat menyimpan data internet. Ada berbagai layanan integrasi untuk YouTube dengan kuota YouTube tertentu. Oleh karena itu, kuota dasar dapat digunakan untuk keperluan lain.

3. Aplikasi Streaming Film dan Series

Dengan kemajuan teknologi, film dan serial TV dapat ditonton secara digital melalui aplikasi. Banyak aplikasi streaming seperti Netflix, Disney+, dan Vidio menawarkan ratusan acara menarik.

Namun, film dan serial yang ditayangkan dalam program ini seringkali berukuran sangat besar. Tentu saja, jika Anda mengabaikannya, itu dapat menghabiskan kuota Anda.

Sesuaikan pengaturan di aplikasi streaming Anda untuk menurunkan kualitas video agar kuota lebih hemat. Anda dapat menghemat uang di Disney+ dengan membeli Paket Hemat Penyedia Disney Hotstar Telkomsel.

4. Spotify

Saat ini, Spotify adalah penyedia layanan streaming musik terkemuka di dunia. Mereka yang tidak mendaftar dapat menggunakan layanan ini secara gratis. Hanya Spotify versi gratis yang menampilkan iklan untuk setiap lagu.

Faktanya, iklan video memakan banyak ruang, terutama jika diputar terus menerus. Jadi, Anda harus menjauh dari Spotify versi gratis untuk menghemat uang. Untuk lebih berhemat, kunjungi pengaturan penyimpanan data di aplikasi Spotify.

5. Aplikasi Video Conference

Tidak dapat disangkal bahwa konferensi video seperti Skype, Zoom atau Google Meet akan sukses besar. Durasi pertemuan mau tidak mau akan lebih lama, terutama untuk keperluan bisnis dan pendidikan. Jika hal ini tidak dapat dihindari, program ini dapat dilindungi dengan menurunkan kualitas video dengan pengaturan minimal.

6. Game Mobile Yang Disisipi Iklan

Aplikasi peluang unik berikutnya adalah game seluler yang didukung iklan. Biasanya, iklan di game ini berdurasi sekitar setengah menit. Meskipun terlihat kecil, iklan dapat muncul berkali-kali dalam game.

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghemat ruang saat bermain game seluler adalah sering bermain offline. Jika game membutuhkan Internet, pastikan game online tidak menampilkan iklan apa pun.

7. Aplikasi Browser Dengan Auto Update

Terakhir, aplikasi yang menggunakan kuota secara signifikan adalah aplikasi browser seperti Google Chrome dan Opera. Hal ini dikarenakan program browser terupdate secara otomatis dengan kuota yang sangat besar.

Ini sangat sulit dipecahkan saat browsing di smartphone. Terakhir, Anda harus mengganti browser dengan program berbasis browser seperti Mozilla Firefox yang menggunakan data dengan lebih efisien.

Jika Anda ingin menghemat kuota, Anda perlu mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan kuota. Meski sedang menggunakan kuota, bukan berarti aplikasi-aplikasi di atas harus dihindari. Jadi gunakan program tersebut dengan bijak dan sesuai kuota yang tersedia.