5 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh

Perangkat HP atau laptop bekas terkadang menerima peringatan bahwa memori internal penuh. Tentunya hal ini menghambat kegunaan, sehingga banyak pengguna yang mencari informasi cara membersihkan penyimpanan internalnya secara virtual.

Tentu saja membeli lebih banyak memori internal adalah pilihan yang lebih efisien. Namun, pengguna bisa menggunakan cara yang lebih hemat dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Berikut 5 cara mudah membersihkan memori internal perangkat HP atau laptop Anda.

1. Pindahkan Semua Data Ke Penyimpanan Cloud

Pengguna yang ingin menghapus penyimpanan internal harus mencoba opsi ini. Memindahkan semua data Anda ke internet atau penyimpanan cloud adalah cara paling efektif untuk mengurangi penyimpanan internal yang dapat Anda coba.

Saat ini, banyak orang menggunakan penyimpanan online sebagai cara untuk menyimpan data seperti foto, video, dan dokumen. Anda dapat menggunakan berbagai jenis penyimpanan cloud seperti Google Drive, Akun Mi, iCloud, dll.

Namun, jika pengguna ingin memindahkan semua datanya ke penyimpanan cloud, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pengguna harus memiliki akun email untuk pencadangan yang lebih cepat dan koneksi internet yang stabil untuk mengunggah dan mengunduh data yang disimpan di cloud.

2. Gunakan Memori Eksternal

Pilihan lainnya adalah menghapus penyimpanan eksternal dan melindungi penyimpanan internal secara bersamaan. Jika penyimpanan internal terisi, pengguna biasanya dapat menggunakan penyimpanan eksternal sebagai cadangan.

Selain itu, lebih efisien menggunakan penyimpanan eksternal untuk membebaskan penyimpanan internal dari hambatan ketersediaan. Pengguna dapat memilih berbagai jenis dan ukuran penyimpanan eksternal sesuai dengan kebutuhannya.

3. Rutin Menghapus Cache Aplikasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan cache sangat mempengaruhi seberapa sering memori internal pengguna terisi. Oleh karena itu, pengguna harus menghapus cache aplikasi secara teratur untuk menghapus penyimpanan internal dari file atau kumpulan data yang tidak diperlukan.

Perlu diketahui bahwa menghapus cache tidak sama dengan menghapus data sensitif dari perangkat pengguna. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan data yang tersimpan di memori internal. Proses pembersihan cache dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu “Setting” atau “Pengaturan” pada perangkat pengguna.
  • Klik pilihan “Applications” atau “Aplikasi”
  • Pilih aplikasi yang akan dibersihkan.
  • Klik pilihan “Clear Cache”.
  • Ulangi cara diatas untuk bersihkan cache dari aplikasi lain.

4. Manfaatkan Fitur Streaming

Di masa lalu, pengguna menyimpan musik dan video musik mereka di kartu memori dan laptop HP, mengacaukan memori internal mereka. Kini, pengguna bisa menikmati hiburan kapan saja dengan fitur streaming, seperti mendengarkan musik atau menonton film.

Layanan streaming populer seperti Spotify, Apple Music, YouTube, dan Netflix dapat mengosongkan penyimpanan di perangkat Anda. Ini adalah cara yang sangat efisien untuk membersihkan memori internal sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan cepat penuh.

5. Atur ulang perangkat yang digunakan

Opsi terakhir bagi pengguna untuk menghapus memori adalah mengatur ulang atau mengganti perangkat. Opsi ini adalah opsi terakhir yang tersedia bagi pengguna jika memori internal sangat penuh dan tidak dapat dihapus menggunakan opsi sebelumnya.

Pengguna mengakui bahwa semua data yang tersimpan di memori internal dapat hilang dan tidak dapat dipulihkan saat Perangkat dipulihkan. Jika pengguna mengetahui risikonya, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur ulang perangkat:

  • Buka menu Pengaturan atau Preferensi.
  • Pilih menu “Reset Pabrik”.

Demikian 5 cara menghapus memori internal pada perangkap Android atau laptop. Tujuannya untuk mengosongkan memori internal agar tidak ada data yang meluap. Pengguna selalu dapat mencoba metode ini untuk memastikan data mereka disimpan.