Liputan Jawa | 5 Alasan Teknologi Pertanian Jepang Lebih Unggul

5 Alasan Teknologi Pertanian Jepang Lebih Unggul

Liputanjawa.com –  Sebagai negara teknologi maju, Jepang menerapkan teknologinya pada bidang pertanian yang menjadikannya unggul, maka harus mengetahui teknologi pertanian Jepang. Hal tersebut harus dicontoh oleh negara lain.

Padahal negara sakura ini memiliki keterbatasan lahan untuk pertanian, tetapi menghasilkan produk pertanian melimpah dan berkualitas, yang dapat membuat orang berdecak kagum akan melimpahnya hasil pertanian di negara yang minim lahan ini.

Hal itu membuktikan bahwa negara sakura telah menerapkan teknologi pertanian tepat guna dan membuktikan bahwa teknologi negara tersebut layak diperhitungkan. Tentunya banyak yang ingin mengetahui alasannya agar dapat dijadikan contoh.

Ini Alasan Teknologi Pertanian Jepang Selangkah Lebih Maju dari Negara Lain

Negara sakura ini merupakan pelopor kemajuan teknologi di Asia serta menjadi negara maju di benua Asia. Bahkan penggunaan teknologinya merambah ke bidang pertanian sehingga membuatnya lebih unggul.

Ternyata keunggulan teknologi pertanian di Jepang tersebut karena beberapa alasan. Informasi ini sangat penting diketahui oleh banyak negara agraris, khususnya Indonesia. Berikut ini beberapa alasan teknologi pertanian lebih maju:

1. Melakukan Rekayasa Genetik

Salah satu bukti teknologi pertanian di negara sakura ini lebih unggul yaitu dengan melakukan rekayasa genetik, khususnya untuk tanaman padi. Padi yang dihasilkan lebih unggul serta lahir sebagai jenis baru.

Meskipun demikian, banyak negara melakukannya tapi tidak berhasil. Hanya Jepang yang masuk ke dalam kategori negara berhasil melakukan rekayasa genetika untuk tanaman padi karena teknologi pertanian Jepang lebih unggul.

Khusus untuk tanaman padi, rekayasa genetika tidak hanya meningkatkan kuantitasnya tetapi juga kualitasnya, untuk menghasilkan padi yang dapat menjadi nasi pulen. Dikarenakan penggunaan teknologi tersebut, kualitas berasnya terkenal.

2. Mesin Penanam

Meskipun memiliki lahan yang terbatas untuk pertanian tetapi pertanian negara sakura ini berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitasnya untuk tanaman pertanian. Salah satunya dengan menggunakan mesin penanam.

Sebuah pemandangan yang biasa terlihat di negara sakura tersebut, adalah robot-robot yang bekerja. Agar tidak kalah dengan teknologi di bidang lain, robot digunakan untuk menanam tanaman pertanian.

3. Penggunaan Traktor dan Drone

Traktor dan drone yang digunakan untuk membantu pertanian, dikembangkan untuk digunakan pada pertanian sehingga dapat menekan biaya operasional untuk pertanian tapi menghasilkan hasil panen yang melimpah.

Alat-alat tersebut digunakan sebagai pengganti pekerjaan petani untuk melakukan penyiraman pupuk pada tanaman pertanian tersebut. Bahkan Jepang menciptakan traktor yang dioperasikan dengan menggunakan GPS untuk melakukannya.

4. Menggunakan Media Film untuk Menanam Sayuran

Dikarenakan negara sakura ini memiliki lahan yang terbatas sehingga menanam tanaman pertanian tersebut dengan menggunakan film firming, yaitu sebuah metode untuk menanam tanaman tanpa harus menggunakan banyak lahan.

Penanaman dengan metode tersebut menggunakan teknologi hydrogel yang mampu membuat lebih banyak menyerap bahan makanan untuk tanaman, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian tanpa mengesampingkan kualitasnya.

5. Penggunaan Robot untuk Memanen

Selain untuk menanam, robot tersebut digunakan sebagai teknologi pertanian Jepang saat akan memanen sehingga petani tidak perlu menyita banyak waktu untuk memanen hasil pertanian tersebut.

Khususnya untuk tanaman padi, penggunaan mesin pemanen tersebut memudahkan untuk memanen hasil padi yang berkualitas. Cara kerja mesin tersebut terhubung dengan GPS serta dioperasikan oleh satu orang.

Selain keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat juga keunggulan lain dalam bidang teknologi pertanian, salah satunya penggunaan komputerisasi untuk menanam sehingga tidak salah dalam mengukur titik koordinat tanamannya.

Pertanian merupakan sektor penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, harus terus dikembangkan dengan inovasi teknologi pertanian terbaik seperti negara sakura, maka penting mengetahui teknologi pertanian Jepang.