Liputan Jawa | Harga Emas Antam Hari Ini, Kamis 12 Agustus 2021, Melonjak Naik !!

Harga Emas Antam Hari Ini, Kamis 12 Agustus 2021, Melonjak Naik !!

Liputanjawa.com – Harga emas antam hari ini 12 Agustus 2021. Harga emas selalu mengalami kenaikan dan penurunan yang bersifat fluktuasi.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan harga tersebut. Misalnya kenaikan nilai mata uang dolar AS.

Sebelum membahas mengenai faktor yang mempengaruhi perubahan harga emas. Sebaiknya anda mengetahui harga emas antam hari ini tanggal 12 Agustus 2021.

Harga Emas Antam Hari Ini

Harga emas akan naik dan turun setiap harinya. Namun, bagi anda yang berinvestasi pada emas antam. Anda tidak perlu khawatir, karena kenaikan atau penurunannya tidak drastis.

Emas Antam adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT Antam Tbk. Kadar kemurnian emas antam mencapai angka 99,9%.

Harga emas antam hari ini tanggal 12 Agustus 2021 menurut update PT Aneka Logam Indonesia adalah Rp877.000 per gram.

Harga ini merupakan harga jual emas antam dari PT Antam Tbk. Sementara harga belinya adalah Rp865.000 per gram.

Sedangkan pada beberapa sumber update lain menyatakan bahwa harga emas antam hari ini 12 Agustus 2021 adalah Rp821.780 per gram. Serta harga beli emas Rp836.418 per gram.

Harga tersebut mencerminkan penaikan dari harga Rp870.000 per gram pada 10 Agustus kemarin. Penaikan ini terjadi sebesar Rp7.000.

Meskipun sering mengalami perubahan, fluktuasi harga emas masih terbilang terkendali. Itulah mengapa, masyarakat lebih senang berinvestasi pada emas antam.

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Harga Emas

Selanjutnya pada faktor yang mempengaruhi penurunan harga emas antam hari ini. Situasi pandemi dan penemuan virus varian baru, sebenarnya dapat mempengaruhi harga emas.

Pasalnya, banyak orang berpandangan bahwa sektor ekonomi berbagai negara akan mengalami pukulan yang cukup besar. Sehingga, perekonomian amerika akan lebih unggul.

Nah, untuk lebih jelasnya. Berikut ulasan mengenai faktor yang mempengaruhi harga emas antam.

1 Dollar AS

Merujuk pada situasi pandemi covid yang mempengaruhi pandangan masyarakat mengenai perekonomian dunia.

Maka, banyak yang berasumsi bahwa perekonomian Amerika Serikat akan lebih unggul dari negara lain.

Akibatnya masyarakat mulai berbondong-bondong menginvestasikan hartanya pada mata uang dolla As. Sehingga mata uang dollar mengalami kenaikan.

Ketika Dollar As naik maka secara otomatis harga emas akan mengalami penurunan. Penyebabnya adalah masyarakat yang berinvestasi pada emas antam berpindah pada investasi dollar As.

2 Inflasi

Pada saat kondisi inflasi, beberapa orang akan lebih senang menginvestasikan hartanya pada emas. Karena semakin meningkat inflasi maka harga emas antam pun semakin tinggi.

3 Suku Bunga

Ketika suku bunga mengalami kenaikan, maka harga emas antam akan menurun. Sebaliknya, jika suku bunga menurun maka harga emas akan meningkat.

4 Permintaan Terhadap Emas

Permintaan terhadap emas mempengaruhi harga yang berlaku. Hal ini memang sesuai dengan hukum permintaan. Apabila permintaan tinggi maka harga emas pun akan meningkat.

Sebaliknya apabila permintaan terhadap emas menurun maka harga emas antam pun akan menurun.

Selain faktor tersebut, harga emas antam juga akan terpengaruh oleh jumlah produksi emas dunia dalam waktu bersamaan.

Produksi emas yang banyak tentu akan menghasilkan persediaan yang banyak. Sehingga harga emas bisa saja menurun.

Demikian mengenai harga emas hari ini. Jika anda ingin mulai berinvestasi jangka panjang, emas dapat menjadi pilihan anda.

Alasannya, harga emas semakin lama akan semakin naik. Jadi, investasi emas antam akan menghasilkan nilai yang cukup menjanjikan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Originally posted 2021-08-12 23:51:21.