Liputan Jawa | Kunci Jawaban Manfaat Dasar Negara

Kunci Jawaban Manfaat Dasar Negara

Liputanjawa.com – Pada artikel kali ini akan dibahas kunci jawaban dari sebuah pertanyaan sebagai berikut “Manfaat Dasar Negara​”. Sebelum menjawab pertanyaan. kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dasar negara.

Apa itu Dasar Negara ?

Dasar Negara adalah acuan, landasan atau fondasi bagi suatu negara dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai dasar maka sudah tentu menjiwai segala yang ada pada negara tersebut baik perlaku, tata nilai, hukum, pemerintahan dan lain sebagainya.

Pembahasan

Adapun manfaat Dasar Negara antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dasar negara adalah pedoman hidup yang menjiwai perilaku, sistem nilai, hukum dan sebagainya dari sebuah negara agar kehidupannya tidak terombang-ambing tanpa kejelasan.
  2. Selain bermanfaat sebagai pedoman dan petunjuk hidup, dasar negara juga memuat tujuan luhur dari suatu negara yang menjadikan arah pemerintahan dan pembangunannya jelas.
  3. Sebagai sumber dari segala sumber hukum yang menjiwai segenap peratudan dan ketentuan hukum yang ada dalam negara tersebut.
  4. Sebagai sumber nilai dan moral yang menjiawai perilaku masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian jawaban yang bisa kami sajikan atas pertanyaan ”Manfaat Dasar Negara“. Selain itu, kami juga menyediakan soal atau materi yang berkaitan tentang dasar negara dibawah ini yang bisa teman teman pelajari. Semoga bermanfaat dan semoga cepat lulus sekolah. Aamiin.

Pelajari Lebih Lanjut:

  • Materi tentang pengertian dasar negara disini
  • Materi tentang pengertian pandangan hidup disini
  • Materi tentang manfaat ideologi sebagai pandangan hidup disini

Detail Materi

Kode : 8.2.1

Kelas : 2 SMP

Mapel : PPKN

Bab : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kata Kunci : Dasar, Negara, Pancasila, Manfaat, Pedoman, Tugas PPKN