Cara Mengecek Komputer dari Virus yang Berbahaya

Komputer merupakan salah satu teknologi yang sangat membantu kita dalam mengerjakan berbagai hal. Dengan kecanggihannya, berbagai kegiatan dapat dilakukan dari balik monitor. Namun dibalik kecanggihannya, computer memiliki kekurangan yang kerap kali terjadi, yaitu virus computer. Virus ini dapat merusak sistem komputer hingga menyebabkan komputer mati total.

Virus komputer dapat muncul dari mana saja. Mulai dari flash disk, situs internet, atau aplikasi yang diinstall. Kemunculan virus komputer ini kerap kali tidak disadari kehadirannya, sehingga tidak heran apabila banyak orang baru menyadari komputernya terkena virus ketika kerusakannya sudah parah. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara mengecek komputer dari virus.

Saat ini terdapat berbagai macam jenis virus komputer seperti Polymorphic, multipartite, Trojan, Worms, dan lainnya. Selain itu, diketahui kalau setiap jenis virus mempunyai karakteristiknya tersendiri. Oleh karena itu keberadaan Anti Virus sangat penting untuk perlindungan komputer Anda dalam mencegah virus- virus berbahaya masuk.

Pencegahan dan Cara Mengecek Komputer Dari Virus

Munculnya Virus pada komputer Anda jelas akan merugikan sekali karena akan menyebabkan berbagai kerusakan pada komputer Anda. Karena itu simak cara mengecek komputer dari virus berikut:

Apa Itu Virus Komputer?

Sebelum mengetahui ciri dan penanganan virus pada komputer, Ada baiknya Anda mengenali dulu apa itu virus komputer.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Total Karena Masa Aktif Habis

Virus merupakan sebuah aplikasi kecil yang dapat merusak program, file, hingga sistem program pada komputer atau laptop. umumnya Virus dapat mentransfer dirinya dari satu komputer ke komputer lainnya, dimana perpindahan dapat melalui internet, flash disk, atau bisa juga lewat software bawaan.

Ibarat seperti sebuah Virus yang menyerang tubuh manusia, virus komputer dapat diibaratkan seperti parasit yang masuk menyusup, menyebarkan, hingga merusak system pada komputer atau laptop Anda. Komputer yang telah terinfeksi atau sudah terkena virus akan mengalami penurunan kinerja hingga pada akhirnya semua sistem mengalami rusak atau crash dan tidak dapat berfungsi.

Virus komputer ini ada dalam berbagai jenis, bentuk dan ukuran. Dampak buruk dari virus atau malware ini berbeda – beda, terkadang dampaknya begitu halus sehingga orang tidak sadar kalau bahwa komputernya sudah terinfeksi. Itulah mengapa mengetahui cara mengecek komputer dari virus tidak boleh disepelekan.

Baca Juga: Rekomendasi Antivirus Untuk Komputer

Ciri Komputer Anda Sudah Terkena Virus

Sama seperti virus pada tubuh manusia, Apabila virus komputer tidak diatasi sedini mungkin maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada komputer Anda. Maka dari itu Anda harus mengenali ciri – ciri apabila komputer Anda sudah terkena virus.

1. Kinerja Komputer Lambat

Ciri-ciri apabila sebuah komputer terkena virus yang pertama dapat diidentifikasi dari kinerja laptop yang semakin lambat. Masalah tersebut umumnya terjadi dikarenakan virus memakai resource RAM serta prosesor komputer dan membuat kinerja system semakin melambat.

Untuk kasus macam ini, Anda dapat melakukan scanning virus dengan komputer Anda. Sebaiknya jangan lakukan browsing atau membuka data dulu saat proses scanning dan tunggu sampai proses scanning tersebut selesai.

2. Antivirus Mendadak Menjadi Nonaktif

Virus adalah sebuah perangkat lunak yang mempunyai banyak kemampuan, diantaranya adalah mampu merusak program pada komputer, bahkan program antivirus pun dapat dimatikan oleh virus. Oleh karena itu, pastikan antivirus pada komputer Anda selalu dalam kondisi hidup serta jalankan scanning virus secara rutin untuk mencegah komputer terkena virus.

Baca Juga :  Cara Mudah Lihat Ciri Ciri Kartu SIM Diblokir

3. Muncul Program Yang Tidak Dikenali

Virus serta malware dapat masuk dengan menyusup Bersama dengan program aplikasi yang terinstall secara otomatis di komputer Anda. Maka dari itu sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada bagian “Apps and Features”. Terutama pada program aplikasi yang dirasa tidak pernah Anda install.

Anda dapat langsung melakukan uninstall pada program dan aplikasi yang mencurigakan. Namun apabila aplikasi tersebut tidak dapat diuninstall,  maka Anda dapat mencoba memakai software uninstall dari pihak ketiga yang tersedia secara online.

4. Muncul Banyak iklan

Terdapat jenis virus yang dapat menghasilkan efek yang berbeda, yaitu dengan memunculkan pop ads pada Komputer. Umumnya virus dengan jenis malware ini muncul lewat browser. Pop ads yang muncul kerap kali muncul secara terus menerus serta dapat mengotak-ngatik hasil pencarian dari browser Anda.

Solusinya Anda dapat melakukan reinstall browser atau bisa juga dengan menginstall antimalware agar dapat menghapus malware yang hinggap di browser Anda. Virus dengan jenis ads ini umumnya ada ketika jaringan internet sedang online saja, ketika tidak ada jaringan, maka virus tersebut tidak dapat aktif juga.

5. File Tiba-Tiba Terkunci atau Hilang

Apabila File Anda tiba-tiba menghilang secara misterius, maka bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh virus komputer. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyembunyikan file-file yang Anda simpan di komputer, selain itu terdapat juga jenis virus yang dapat mengunci file sehingga tidak dapat dibuka oleh pengguna.

6. Banyak File Yang Corrupt

Apabila Anda mendapati ada file yang rusak/corrupt, maka Anda harus berhati-hati karena mungkin computer Anda sudah disusupi oleh virus. Biasanya Virus akan muncul dengan menghapus file yang ada di komputer.  Apabila hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan restore file agar Kembali seperti semula.

Baca Juga :  Lowongan kerja indomaret terbaru 2021, Cek disini !!

7. Komputer Sering Restart atau Mati Mendadak

Hal seperti ini umumnya terjadi apabila virus di komputer Anda sudah menyebar secara luas. Selain merestart sistem dengan sendirinya atau tiba-tiba mati mendadak, virus juga dapat menyebabkan hang atau freeze pada sistem.

Biasanya hal tersebut terjadi saat kinerja komputer sudah mulai penuh mulai hardisk, prosesor, serta RAM. sehingga sistem secara otomatis akan melakukan restart agar tidak overheating.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Program Crash

Mengetahui Apakah Komputer Anda Ada Virus atau Tidak

1. Pertama Buka dulu command prompt dengan cara Start -> Run -> cmd, nantinya akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Secara default, lokasi akan terletak pada C:\Documents and settings\nama_user, untuk itu Anda perlu pindah terlebih dulu ke folder system32.

2. Ketikkan “cd c:\windows\system32” (tanpa tanda petik) seperti pada gambar.

Setelah itu pencet tombol enter kembali agar masuk ke folder system32.

3. Ketik “setup” kemudian enter kembali

4. Apabila terdapat tampilan seperti pada gambar dibawah, dimana didalamnya terdapat peringatan berbunyi “Please go to the Control Panel to install and configure system components.”

Berarti komputer Anda bersih dari virus berbahaya, namun apabila komputer Anda justru menjadi hang atau restart sendiri, maka dapat dipastikan terdapat virus di dalam komputer Anda.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Cara mengecek komputer dari virus pada laptop dan PC Anda. Semoga bermanfaat.