Liputan Jawa | Cara Agar CPU Lega, Performa PC Makin Optimal

Cara Agar CPU Lega, Performa PC Makin Optimal

Liputanjawa.com – Penggunaan CPU Usage yang mencapai 100% terkadang menjadi permasalahan yang kerap muncul bagi pengguna Windows. Akibatnya, perangkat laptop maupun komputer yang Anda miliki pun menjadi menurun kinerjanya. Hal ini dikarenakan beban CPU terlalu berat sehingga menghabiskan sumber daya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui cara agar cpu lega di perangkat.

Cara Agar CPU Lega Untuk Membuat Komputer Semakin Prima

Kondisi CPU Usage yang terlalu besar, sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara mudah. Namun pada beberapa opsi, cara tersebut membutuhkan sedikit pengetahuan teknis terkait dengan dunia komputer. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat CPU menjadi lebih lega.

1. Cara Agar CPU Lega : Bersihkan Dari Virus dan Malware

Sebenarnya ada cukup banyak penyebab yang bisa membuat laptop Anda mengalami lonjakan penggunaan CPU. Salah satu yang mungkin sering tidak disadari adalah adanya virus atau malware yang bersarang pada laptop atau PC Anda. Jika tidak cermat, bisa saja virus atau malware ini terpasang ketika Anda menginstal aplikasi tertentu yang tidak aman.

Virus dan malware memang memiliki banyak jenis dan efek termasuk salah satunya adalah membuat kinerja laptop menjadi terbebani. Hal ini membuat penggunaan CPU dan RAM menjadi lebih besar dari yang seharusnya. Sehingga laptop tidak akan optimal jika digunakan untuk menjalankan aplikasi lain.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Membersihkan Temporary File

Tips pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat CPU menjadi lega adalah melakukan scanning pada perangkat Anda. Meskipun perangkat Windows 10 sudah dibekali Windows Defender, namun tidak ada salahnya kalau Anda memasang aplikasi lain untuk pembanding.

Anda bisa melakukan scan dan jika terdapat virus yang ditemukan maka silahkan menghapusnya dari perangkat Anda. Pastikan Anda menghapus secara tuntas virus dan malware tersebut agar kinerja CPU menjadi lebih ringan dan lega.

2. Matikan Aplikasi Latar di Windows 10 

Bagi pengguna Windows 10, terdapat sejumlah aplikasi yang secara default berjalan di sistem latar belakang sejak laptop dinyalakan. Hal ini bisa membuat kinerja laptop menjadi semakin berat karena mengonsumsi banyak resource CPU Anda.

Maka dari itu, Anda bisa mematikan aplikasi latar yang tidak diperlukan tersebut. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu klik tombol Search  pada Windows Anda dan kemudian ketikkan choose which apps can run in the background. Jika sudah, silakan Anda geser slide ke Off untuk mematikan aplikasi latar yang diinginkan.

Matikan Program Latar yang Tidak Diperlukan

Sudah bukan rahasia lagi kalau Windows memiliki cukup banyak program yang berjalan di latar belakang. Sehingga banyak pengguna Windows yang tidak menyadari keberadaan program ini. Akibatnya, konsumsi CPU Usage kerap melonjak menjadi 100% meski aplikasi yang dijalankan tidak terlalu berat.

Baca Juga : Penyebab Komputer Mati Sendiri

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mematikan semua program latar yang tidak diperlukan tersebut. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mematikan program latar yang berjalan di background Windows.

  • Silakan Anda bisa membuka menu Start Windows dan kemudian cari msconfig.
  • Setelah Anda membuka System Configuration maka silakan Anda bisa pilih bagian tab Services.
  • Lalu silahkan Anda bisa centang bagian Hide all Microsoft Service.
  • Kemudian pada bagian daftar program silakan Anda bisa hilangkan centang pada aplikasi mana saja yang tidak diperlukan.
  • Terakhir Anda bisa tekan OK untuk menyelesaikan prosesnya.

Demikianlah beberapa cara agar cpu lega yang bisa Anda coba untuk meningkatkan performa laptop Anda. kini Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengatasi penggunaan CPU Usage yang terlalu besar pada perangkat Anda.