Cara Membuka Laptop yang Terkunci di Windows 7

Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci di Windows 7

Liputanjawa.com – Pada saat komputer laptop terkunci dan di dalamnya banyak file-file penting, biasanya banyak para pengguna yang langsung panik. Terkadang ada pula yang langsung mematikan tombol power dan langsung membawa ke tukang service. Oleh karena itu, simak informasi berikut mengenai cara membuka laptop yang terkunci di windows 7. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengeksekusi langsung tanpa harus ke tukang service.

1. Cara Membuka Laptop Secara Manual

Bagi Anda yang memiliki laptop dengan sistem operasi windows 7 yang terkunci dan Anda lupa dengan kata kuncinya, jangan panik. Pasalnya, disaat Anda mulai panik, Anda semakin tidak bisa berpikir jernih. Ada cara yang seharusnya dengan mudah Anda lakukan, namun tidak sempat dilakukan karena panik duluan. Berikut ada dua cara manual yang bisa Anda lakukan.

Cara Pertama

Cara pertama ini dilakukan apabila ada pesan kesalahan yang menyatakan bahwasanya komputer dikunci oleh domain atau nama pengguna. Adapun solusinya adalah dengan cara menekan tombol CTRL+ALT+DELETE untuk membuka kunci komputer secara bersamaan. Setelah itu ketik informasi masuk untuk pengguna terakhir yang masuk, kemudian klik OK. Apabila dialog kotak bertuliskan ‘Buka Kunci Komputer’ telah menghilang, tekan CTRL+ALT+DELETE dan masuk secara normal.

Cara Kedua

Cara kedua dilakukan apabila ada pesan kesalahan yang tidak menunjukkan siapa yang mengunci komputer. Adapun solusinya adalah menggunakan Microsoft Windows Resource Kit dan cobalah untuk mematikan komputer yang terkunci. Setelah itu akan keluar kotak dialog ‘Shutdown Sistem’ dan komputer akan mencoba melakukan restart.

Baca Juga :  Cara Membuka File RAR Di Laptop Windows 10

Pada saat timer pematian berakhir, kotak dialog ‘Selamat datang di Windows’ akan segera ditampilkan. Namun, sebelum screen saver menjadi aktif, tekanlah tombol CTRL+ALT+DELETE kemudian cobalah masuk secara normal. Apabila Anda tidak bisa menggunakan kedua cara ini, Anda harus menyalakan ulang komputer dan masuk sebelum program screen saver dimulai atau sebelum proses booting.

2. Cara Membuka Laptop Menggunakan Safe Mode

Selain menggunakan cara manual untuk membuka laptop, ada cara membuka laptop yang terkunci windows 7 lainnya yang bisa Anda lakukan. Yakni melalui safe mode atau mode aman. Jadi, sebelum Anda memasuki sistem, Anda akan diarahkan ke mode laptop yang aman. Adapun caranya adalah menekan tombol F8 sebelum booting atau sebelum muncul loading sistem.

Pada saat Anda menyalakan tombol power, Anda langsung menekan tombol F8 tersebut agar pilihan safe mode bisa ditampilkan. Pada saat Anda telah berhasil menekan tombol F8, Anda akan melihat tampilan tulisan putih dan pilihlah ‘safe mode with command prompt’. Setelah itu tekanlah tombol enter. Dengan demikian, Anda akan masuk ke safe mode.

Setelah itu, ketiklah ‘net user’ dan tekan enter. Tidak lama kemudian, muncul tampilan seluruh akun Windows 7 yang terdaftar di dalam laptop Anda. Pilihlah akun yang Anda kehendaki menggunakan tombol panah kursor atas bawah untuk ganti password. Apabila ingin mengganti password, caranya dengan ketik id user (spasi) password yang diinginkan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan restart Windows 7 dan masuk kembali menggunakan akun dan password yang baru.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuka laptop yang terkunci windows 7 yang bisa Anda lakukan. Selain menggunakan cara yang telah dijelaskan, ada juga cara lain yakni memodifikasi sistem regedit yang ada di dalam laptop itu sendiri. Namun, hal ini berisiko bila Anda tidak hati-hati dan teliti.

Baca Juga :  Penyebab Komputer Cepat Panas