Liputan Jawa | Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel Di Playstore
Sumber gambar : jalantikus.com

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel Di Playstore

Liputanjawa.com – Setiap jenis perangkat android tentu banyak membutuhkan berbagai aplikasi yang harus diinstal melalui Google Play Store. Namun pada saat menginstal suatu aplikasi tertentu biasanya akan muncul perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi aplikasi yang Anda unduh. Lalu apa sih yang menjadi penyebab aplikasi tidak kompatibel di playstore di waktu pengunduhan tersebut.

Saat terjadi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena perlu diketahui bahwa bukan berarti dengan adanya masalah tersebut Anda tidak bisa memakai aplikasi yang akan diunduh. Jadi masih terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, namun sebelum itu yuk ketahui apa saja yang menjadi penyebab suatu aplikasi yang diunduh tidak bisa kompatibel di playstore!

Inilah Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel Di Playstore

Agar Anda bisa mengetahui apa penyebab dan solusi saat terjadinya masalah tidak kompatibel di playstore, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1.  Perangkat Masih Didukung Dengan Android Versi Lama

Hal pertama yang menjadi penyebab suatu aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat playstore adalah perangkat android yang Anda gunakan masih menjalankan versi android yang lama sehingga tidak bisa didukung oleh aplikasi. Oleh karena itu Anda harus melakukan update sistem pada android agar bisa memperbaiki bug dan bisa meningkatkan kinerja dari sistemnya.

Apalagi jika Anda terlalu lama belum melakukan pembaruan dalam waktu yang lama, nah hal itulah yang juga menjadi penyebab aplikasi yang Anda unduh tidak bisa kompatibel dengan perangkat android. Untuk melakukan pembaruan sistem Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Pertama Anda harus membuka menu setting
  • Selanjutnya pilih opsi tentang telepon
  • Maka pada menu tersebut Anda akan menemukan dan segera periksa pembaruan, lalu jika terdapat pembaruan maka segera klik instal.

2.  Terlalu Banyak Cache File Data Sampah

Salah satu yang menjadi penyebab aplikasi tidak kompatibel di playstore adalah terlalu banyak file cache atau data sampah yang menumpuk, sehingga kinerja pada sistem perangkat Android Anda bisa terganggu dan tidak bisa maksimal. Oleh karena itu solusi mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan cache aplikasi dan data layanan Google Play yang sudah tidak penting.

Berikut adalah langkah – langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus beberapa data cache tersebut.

  • Langkah pertama segera tutup aplikasi Playstore dan dilanjutkan dengan membuka menu setting
  • Kemudian pilih opsi aplikasi dan klik manajemen aplikasi
  • Selanjutnya Anda harus menemukan layanan Google Play lalu klik di atasnya
  • Maka selanjutnya Anda bisa pilih hapus cache dan hapus data yang tidak penting.

3.  Aplikasi Tidak Mendukung Lokasi Anda

Kemudian bisa dipastikan salah satu penyebab aplikasi tidak kompatibel di playstore adalah karena sebuah aplikasi yang Anda unduh tidak tersedia atau tidak mendukung di lokasi Anda saat itu. Maka dari itu seringkali suatu aplikasi tertentu tidak tersedia di perangkat android karena dibatasi oleh lokasi, atau bisa saja karena pembatasan geologi. Simak solusi dibawah ini, yang bisa Anda ikuti

  • Langkah pertama Anda harus menutup semua aplikasi
  • Setelah itu instal dan jalankan aplikasi VPN yang memiliki kualitas baik
  • Selanjutnya Anda bisa menghubungkan ke negara lain dengan menggunakan VPN
  • Kemudian Anda bisa membuka aplikasi Playstore
  • Nah sekarang coba lah untuk menginstal aplikasi yang hendak Anda instal.

Nah itulah beberapa cara mengatasi dan penyebab aplikasi tidak kompatibel di playstore yang bisa Anda coba aplikasikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.