Liputan Jawa | Bagaimana Cara Cek Premi Asuransi Mobil
Sumber : Kriptozen

Bagaimana Cara Cek Premi Asuransi Mobil

Liputanjawa.com – Mendaftarkan mobil Anda pada perusahaan asuransi memang sangat penting, namun Anda pun harus memperhitungkan bahwa premi yang dibayarkan tidak akan memberatkan Anda. salah satunya tentu saja untuk melakukan cek premi asuransi mobil. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Lakukan Cek Premi Asuransi Mobil dengan Cara-Cara Berikut Ini!

Seperti yang telah dibahas di awal, bahwa agar Anda bisa mengetahui berapa sebenarnya premi yang harus Anda bayarkan, maka Anda disarankan untuk melakukan pengecekan premi untuk mobil Anda tersebut. Adapun caranya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

1.Menghubungi Pihak Asuransi

Cara ini bisa dibilang cara konvensional, dimana dengan cara ini Anda diharuskan untuk menghubungi pihak asuransi. Baik yang dilakukan dengan mengunjungi kantornya langsung, maupun melalui sambungan telepon.

Untuk layanan telepon, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan nomor telepon dari customer service yang ada pada perusahaan asuransi tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk menanyakan berapa premi asuransi mobil yang harus Anda bayarkan.

Pada umumnya, pihak customer service akan menanyakan nama, nomor polis, dan data mobil, dan data diri lainnya. Hanya saja, karena proses ini memakan waktu yang tidak sebentar, maka Anda akan diminta untuk menunggu, hingga pihak asuransi memberikan total kisaran premi yang harus Anda bayarkan. Jika Anda menginginkan rincian premi secara detail, maka Anda akan diminta untuk datang langsung, untuk mengambil salinan premi tersebut. Lumayan merepotkan, bukan?

2. Cek Premi Asuransi Mobil dengan Aplikasi                                       

Selain cara diatas, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan cara lain, yang terbilang lebih praktis. Salah satunya dengan pengecekan premi asuransi mobil dengan menggunakan aplikasi. Cara ini terbilang lebih mudah dilakukan, karena Anda bisa melakukannya kapan saja, dan dimana saja, tanpa harus mengunjungi kantor asuransi tempat Anda mendaftarkan mobil Anda.

Hingga kini, ada beberapa aplikasi terbaik yang melayani cara cek premi asuransi mobil ini. Sebut saja, cekaja.com, rajapremi, cekpremi.com, dan yang lainnya. Untuk lebih memudahkan Anda, berikut ini akan diberikan tutorial cara pengecekan premi asuransi mobil dengan aplikasi cekpremi.com. Adapun caranya yaitu sebagai berikut,

  • Buka aplikasi com di laman https://www.cekpremi.com
  • Setelah Anda berada di halaman utama aplikasi ini, Anda bisa memilih salah satu menu yang ada di bagian atas halaman. Namun untuk melakukan cek premi asuransi mobil, Anda bisa pilih menu produk asuransi, kemudian pilih opsi mobil
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi data mobil yang ingin Anda ketahui jumlah premi yang nantinya akan Anda bayarkan. Caranya yaitu isi kolom tahun kendaraan, merek mobil, tipe mobil, seri mobil, kode plat mobil dan juga kolom penggunaan mobil
  • Adapun untuk kolom penggunaan mobil, Anda bisa memilih kategori pribadi, ataupun commercial
  • Di bawah kolom penggunaan mobil tersebut, ada kolom kosong yang menyatakan mobil tidak tersedia? Anda bisa mengabaikan kolom tersebut
  • Selanjutnya, Anda bisa fokus ke kolom tipe asuransi, Anda bisa mengisi kolom Total Loss Only, jika Anda memilih jenis asuransi TLO, dan isi kolom comprehensive, jika Anda memilih asuransi dengan jenis all risk (comprehensive)
  • Langkah terakhir, yaitu Anda tinggal mengklik menu cek premi sekarang
  • Tunggu beberapa saat, hingga aplikasi tersebut menampilkan rincian premi yang nantinya harus Anda bayarkan

Demikian penjelasan mengenai cara cek premi asuransi mobil ini. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi Anda. Nah, menurut Anda, manakah cara melakukan pengecekan premi asuransi yang lebih praktis, dan mudah? Apa Anda juga akan memilih cara tersebut untuk melakukan cek premi asuransi untuk mobil Anda?