Cara Investasi Saham

Cara investasi saham terbaik untuk pemula

Liputanjawa.com – Pada saat sekarang investasi sedang mengalami peningkatan jumlah investor. Bisnis pada sektor saham dapat anda coba, untuk meraih keuntungan. Adapun bagi anda seorang pemula, harus belajar tentang cara investasi saham yang benar.

Supaya anda terhindar dari kerugian atau saat berinvestasi saham, maka perhatikan beberapa langkah tips sukses bermain saham. Adapun tips ini memiliki pengetahuan dasar tentang dunia persahaman.

Oleh karena itu, teruslah upgrade ilmu atau pengetahuan tentang saham. Seperti cara analisa pasar saham, trend harga, serta memilih saham yang berkualitas.

Buat Perencanaan Tujuan Investasi Cara Investasi Saham

Sebelum mulai investasi buatlah tujuan perencanaan investasi, karena hal ini merupakan langkah keberhasilan dalam investasi saham. Pikirkan apakah anda ingin bermain saham hanya mengikuti trend atau perencanaan demi masa depan.

Beberapa perencanaan kebutuhan keuangan pada masa depan ialah seperti dana pernikahan, dana membangun rumah, dana pensiun, dana pendidikan, serta dana kebutuhan lainnya.

Targetlah seberapa besar jumlah tabungan yang ingin anda miliki. Misalnya jika anda ingin memiliki tujuan liburan ke luar negeri dengan budget sekitar 100 juta rupiah. Maka mulailah investasi saham dengan menabung perbulan sekiatar 9 juta rupiah.

Sehingga dalam satu tahun ke depan anda dapat menikmati liburan dengan hasil tabungan saham. Adapun keunggulan menabung saham ialah pertumbuhan uang yang terjadi dalam satu tahun lebih baik dari pada jenis tabungan lain.

Pilih Sekuritas Saham

Kemudian mulai memilih sekuritas saham yang baik untuk anda investasi. Kriteria sekuritas saham yang baik itu memiliki kenyamanan serta akses transaksi saham lebih bagus. Serta pilihlah sekuritas memiliki jumlah pengguna banyak dan hasil review positif.

Baca Juga :  Pengertian dan jenis investasi saham

Sekuritas saham saat ini sudah masuk dalam sektor digital, seperti aplikasi mobile phone untuk proses transaksi saham. Sehingga mempermudahkan nasabah mengontrol dan melakukan keputusan pada pasar saham yang sedang berlangsung.

Ciri-ciri utama sekuritas yang aman untuk anda gunakan ialah sebagai berikut:

  • Perusahaan sekuritas diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Memiliki akses transaksi dalam bentuk software untk PC atau aplikasi pada smartphone
  • Tampilan aplikasi nyaman dan mudah anda gunakan
  • Memiliki fitur yang lengkap
  • Proses pendaftaran cepat
  • Menjaga privasi identitas nasabah
  • Memiliki fee jual atau beli saham yang rendah
  • Top up saldo awal seminimal mungkin

Berdasarkan ciri-ciri tersebut beberapa aplikasi sekuritas untuk anda investasi saham sudah terwujud pada saat ini. Seperti aplikasi sekuritas saham IPOT, Ajaib, Stockbit, Bibit dan lainnya.

Beli Saham Berkualitas

Cara investasi saham selanjutnya ialah memilih jenis saham yang bagus untuk investasi dan berkualitas. Harga saham per lembar saat ini sangat beragam.

Adapun harga saham IPO sangatlah murah hanya beberapa puluh rupiah aja, anda sudah mendapatkannya. Lantas, apakah jenis saham ini berkualitas untuk anda koleksi.

Suatu saham dikatakan memiliki reputasi baik atau berkualitas ialah saham-saham yang sudah melewati masa krisis ekonomi sebelumnya. Kelompok saham ini terbukti dapat survive pada saat krisis ekonomi, sehingga pada kondisi ekonomi stabil dapat menunjukan eksistensinya lebih baik.

Jenis saham blue chip dengan rutin membayar dividen dapat menjadi opsi bagi anda investor pemula. Rutinlan investasi per bulan, agar pertumbuhan uang dalam saham lebih cepat tumbuh.

Memilih Jangka Waktu juga Termasuk Cara Investasi Saham yang Benar

Bagian terakhir dalam cara investasi saham ialah memilih jangka waktu untuk anda berinvestasi. Ada dua pilihan bagi anda untuk investasi yaitu jangka pendek dan panjang.

Baca Juga :  Ini Dia Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui!

Pada jangka pendek keuntungan jual beli saham hanya terdapat pada harga selisihnya saja. Namun memiliki jangka waktu yang cukup pendek, sehingga anda dapat mengulangi cara yang sama untuk mengumpulkan cuan.

Sedangkan pada investasi saham jangka panjang secara umum terdapat 3 keuntungan bagi investor. seperti keuntungan investor mendapatkan dividen per tahun, harga selisih jual yang cenderung lebih besar, serta tujuan utama anda berinvestasi seperti membeli rumah dan lainnya.

Jadi Begitulah tentang cara investasi saham bagi para pemula yang dapat anda praktikan. Mulailah berinvestasi dan wujudkan impian anda.

Originally posted 2021-08-07 10:00:53.